Aksi Vandalisme Atribut Kampanye meluas

PASURUAN – Aksi vandalisme terhadap poster dan atribut kampanye pasangan calon gubernur jatim semakin meningkat. Saat ini, diperkirakan 50 persen alat peraga pilgub yang ada disepanjang jalan kota/kabupaten pasuruan rusak atau hilang akibat ulah tangan jahil oknum tidak bertanggung jawab.

KPUD Kabupaten Pasuruan maupun panwas Kota Pasuruan saat dikonfirmasi Sindo membenarkan kenyataan tersebut.

“Yang paling banyak mengalami perusakan berdasar pengamatan kami dialami oleh pasangan Soekarwo- Syaifullah Yusuf. Tapi kita juga tidak tahu apa motivasi mereka lantaran pelakunya sulit dideteksi,” ujar anggota KPUD Kabupaten Pasuruan Zainal Abidin, Selasa (15/7/2008).

Anehnya, perusakan atas alat peraga kampanye tersebut tidak hanya terjadi di jalur pedesaan atau jalur antarkota yang berada jauh dari pusat pemerintahan.

Tapi juga terlihat di sejumlah ruas protokol ibu Kota Pasuruan.Dua kasus perusakan atribut kampanye yang paling menyolok terjadi di depan pendopo kabupaten serta di depan stadion Kota Pasuruan (jalan pahlawan).

Poster berukuran raksasa berisi wajah dan nomor urut 5 pasangan calon milik KPU dirobek bagian tengah. Tepat pada wajah-wajah pasangan calon sehingga bolong menganga cukup lebar.

Sementara itu, di Probolinggo, sedikitnya dua pemuda ditangkap karena kedapatan mencuri poster dan baliho pasangan Karsa.
“Kami mendapatkan dua orang di jalan Galunggung yang gelagatnya mencurigakan. Setelah diikuti hingga jalan Bromo, dua pemuda tersebut kami ketahui melepasi satu persatu baliho dan bener Karsa.Ulah mereka jelas disengaja,” ujar Faruk salah satu tim sukses pasangan Gubernur Jatim Sukarwo-Saifullah Yusuf (Karsa).

Hasil penyidikan sementara, kedua pelaku mengaku dibayar oleh kelompok pasangan tertentu. Kepada petugas mereka mengakui setiap poster yang berhasil mereka copot bakal dibayar dengan uang Rp 3 ribu. Kasat Reskrim AKP Hadi Prayitno membenarkan hal ini.

“Tindakan mereka masuk aktegori pencurian. Soal siapa yang berada di balik aksi kedua pelaku, polisi masih akan mengusutnya,” tegas AKP Hadi Prayitno. (Destyan Soejarwoko/Sindo/fit)

Source : Okezone.com

Leave a Reply