Baru 33 Panwas Pemilu yang Siap Dibentuk

Jakarta, Kompas – Dari kebutuhan pembentukan 457 Panitia Pengawas atau Panwas Pemilu kabupaten/kota dan 33 Panwas Pemilu provinsi, Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu baru siap membentuk 33 Panwas Pemilu. Belum terbentuknya sebagian besar Panwas Pemilu ini membuat proses verifikasi faktual partai politik dan pemutakhiran data pemilih akan dilakukan tanpa pengawasan Panwas Pemilu.

Ketua Bawaslu Nur Hidayat Sardini di Jakarta, Jumat (6/6), mengatakan, saat ini Bawaslu sudah siap mengeluarkan surat keputusan pembentukan tiga Panwas Pemilu kabupaten/kota. Pekan depan direncanakan diseleksi lima Panwas Pemilu kabupaten/kota dan satu Panwas Pemilu provinsi. Adapun 24 Panwas Pemilu provinsi/kabupaten/kota sedang dalam tahap rekrutmen.

”Bawaslu menerima enam nama calon anggota Panwas Pemilu provinsi/kabupaten/kota dari KPU setempat. Selanjutnya, Bawaslu menyeleksi mereka hingga diperoleh tiga nama calon terpilih,” katanya.

Pembentukan Panwas Pemilu di daerah lain, lanjut Nur Hidayat, akan dilakukan secepatnya. Pembentukan Panwas Pemilu itu akan dilakukan tanpa mengabaikan jadwal Bawaslu menata organisasinya.

Kondisi ini dipastikan akan membuat pemutakhiran data pemilih ataupun verifikasi faktual partai politik yang akan segera dilakukan di daerah tidak sepenuhnya dapat diawasi.

”Keterlambatan ini terjadi sudah sejak dari hulu, mulai dari keterlambatan pelantikan Bawaslu oleh KPU. Belum lagi Bawaslu harus menata organisasinya terlebih dahulu,” ujar Nur Hidayat.

Untuk tetap mengawasi tahapan pemilu, Bawaslu akan meminta Panwas pilkada yang sudah ada di beberapa daerah turut melaksanakan pengawasan tahapan pemilu legislatif dan pemilu eksekutif. Panwas Pemilu yang sudah terbentuk diharapkan dapat langsung bekerja. (MZW)

Tulisan ini dikutip dari kompas.com, 8 Juni 2008

Leave a Reply