Bawaslu: Persiapan Pemilu tak Serius

Jakarta-RoL — Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nur Hidayat Sardini menilai Pemerintah tidak serius dalam mempersiapkan pemilu 2009.

“Pemerintah sangat tidak serius mempersiapkan pemilu 2009 dan ini akan jadi masalah serius,” kata Ketua Bawaslu Nur Hidayat S di Jakarta, Jumat (27/6).

Nur Hidayat mencontohkan apa yang terjadi di Bawaslu khususnya soal anggaran dan dukungan staf. Menurut Nur Hidayat, hal tersebut sangat menghambat pelaksanaan tugas-tugas Bawaslu.

Nur Hidayat menjelaskan soal anggaran Bawaslu yang hingga saat ini belum juga turun. Padahal, tambahnya Bawaslu sudah harus menjalankan tugas dan kewajibannya.

Selain itu, tambah Nur, saat ini Bawaslu hanya ada dua orang staf. Karena itulah Bawaslu merekrut relawan. Meskipun hingga saat ini belum juga bisa memberi honor pada mereka.

Menurut Nur, anggota Bawaslu berjumlah lima orang. Tiga di antaranya memang berdomisili di Jakarta sedangkan yang dua orang tinggal di lain kota. Karena itu sangat mengganggu pelaksanaan tugas-tugas Bawaslu. antara/is

Tulisan ini dikutip dari Republika Online

Leave a Reply