Eddy-Romi Paling Optimistis: Sarimuda-Iqbal Targetkan Peroleh 40-45 Persen Suara

Palembang, Kompas – Memasuki hari keempat kampanye Pemilihan Kepala Daerah Kota Palembang, para calon sudah mengalkulasi target perolehan suara. Pasangan Eddy-Romi paling optimistis, disusul Asmawati-Rizal, dan Sarimuda-Iqbal. Adapun Yansuri-Sunnah tak ingin menyebut angka.

Hefran S, pengurus tim kampanye dan media center pasangan Eddy Santana Putra-Romi Herton mengatakan, perolehan suara pasangan calon dengan nomor urut tiga ditargetkan sebanyak 70 persen pada hari pencoblosan tanggal 7 Juni 2008. Menurut dia, sosok dan figur Eddy-Romi sudah dikenal masyarakat. Pada sisi lain, optimisme ini juga diperoleh melalui gambaran suara yang didapat dari penyebaran kuesioner kepada sejumlah warga.

”Untuk mencapai hasil tersebut, kami memberikan perhatian khusus pada penonjolan peran dan keberhasilan Eddy-Romi. Kami juga berupaya menyosialisasikan visi dan misi mereka secara gencar,” ujar Hefran menjelaskan.

Sementara itu, Asmawati optimistis mampu merebut 55 persen suara pada pemilihan kepala daerah 7 Juni 2008. Dukungan suara tersebut yakin ia dapatkan di daerah pemilihan yang sudah dia kunjungi sejak kampanye perdana. ”Saya yakin mampu meraih 55 persen suara dari total jumlah mata pilih di Palembang saat pemilihan nanti,” ujar Asmawati saat berkampanye di Pasar Sekanak, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang.

Optimisme Asmawati tersebut juga berhubungan dengan kajian sementara tim kampanye Asmawati-Ahmad Rizal (Asri). Berdasarkan evaluasi hasil empat hari berkampanye, Asri memperkirakan mendapatkan dukungan suara pasti sebanyak 35 persen.

Di bawah 50 persen

Pasangan Sarimuda-Iqbal Romzi menargetkan memperoleh 40-45 persen suara dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Palembang. Menurut Iqbal, angka tersebut berdasarkan pada hasil survei yang telah dilakukan sebanyak tiga kali oleh dua lembaga survei.

Iqbal mengatakan, survei terakhir dilakukan 1,5 bulan yang lalu. Survei pertama dilakukan dengan membandingkan pilihan masyarakat Palembang antara pasangan Sarimuda-Iqbal dan pasangan Eddy-Romi. Survei kedua antara pasangan Sarimuda-Iqbal dan dua pasangan, yaitu Eddy-Romi dan Muhammad Yansuri-Sunnah NBU. Adapun survei ketiga antara pasangan Sarimuda-Iqbal dan ketiga pasangan, yaitu Eddy-Romi, Yansuri-Sunnah, dan Asmawati-Ahmad Rizal.

Sementara itu, calon nomor urut 1, Muhammad Yansuri-Sunnah NBU, tidak bersedia menyebutkan target perolehan suara. Namun, dia optimistis mendapatkan dukungan dari kalangan warga kelas ekonomi menengah ke bawah.

Menurut Muhammad Yansuri, selama melakukan kampanye simpatik dan dialogis di pasar dan daerah pinggiran, dia selalu mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. (WAD/HLN/WAD/BOY)

Tulisan ini dikutip dari Kompas Cetak Online, Rabu, 28 Mei 2008

Leave a Reply