[Infografik] Pengaruh Media Sosial dalam Politik

Peran Medsos dalam Politik

Media sosial dalam dunia politik, pengaruh yang ditawarkannya selama ini masih menjadi perdebatan. Bukan saja karena media sosial adalah barang baru dalam media komunikasi, tetapi juga karena ketergantungan terhadap akses internet masyarakat masih memegang peran penting.

Infografik Zynqo.com berikut mencoba menjelaskan, mengapa dan bagaimana media sosial memiliki peran penting di dunia politik. Di antara butir pentingnya adalah, kehadiran para politikus di internet bisa menunjukkan bahwa mereka tidak ketinggalan jaman, dan penggunaan media sosial dapat menjangkau jutaan khalayak dengan biaya yang relatif murah.

Di Amerika Serikat (AS), dimana masyarakatnya sudah memiliki tingkat akses ke internet yang tinggi, peran media sosial dalam kampanye politik terbukti berperan sangat besar. 46% warga AS yang tertarik dalam kampanye politik, menggunakan media sosial ketika mencari info dan memobilisasi pendukung.

Di Indonesia, ajang pemilu 2014 sudah di depan mata, sementara dalam Pilgub DKI Jakarta yang sedang berlangsung saat ini, peran media sosial sudah mulai tampak. Bagaimana peran media sosial dalam politik di Indonesia, dengan penetrasi internet yang baru mencapai 30% saja, masih perlu kita telusuri lebih lanjut.

Infografik yang membandingkan pemilu di AS sejak tahun 2008 dengan pemilu yang akan berlangsung 2012 berikut ini, mungkin bisa jadi bahan pembelajaran kita.

Source : Salingsilang.com

Leave a Reply