Partai Kian Banyak, Rakyat Bingung, Golput Meningkat

Jakarta – 34 Parpol telah dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ke-34 parpol tersebut resmi akan menjadi peserta pemilu 2009. Pemilu itu akan digelar pada 9 April 2009.

Hampir bisa dipastikan, panggung demokrasi 2009 akan kian gebyar gebyar. Namun benarkah itu semua justru akan membuat rakyat kian bingung dan pada akhirnya Golput akan meningkat?

“Ya, makin banyak parpol membuat masyarakat justru kian bingung,” kata Pengamat politik Andrinof Chaniago kepada detikcom, Selasa (8/7/2008).

“Masyarakat akan banyak yang apatis. Tingkat partisipasi rendah padahal parpol makin banyak,” kata dia.

Makin apatisnya rakyat, masih menurut Andrinof, tak lain dipicu oleh citra parpol yang kian memburuk alias negatif. “Ya, misalkan saja, banyak politisi yang tersangkut kasus korupsi atau suap,” kata Andrinof.

“Jadi ada kemungkinan banyak masyarakat yang memilih jadi golput,” ujar dia.

Seperti diketahui, KPU telah mengumumkan 34 parpol menjadi peserta Pemilu 2009 setelah lolos verifikasi. Pengumuman itu disampaikan oleh Ketua KPU Abdul Hafiz Ansyari di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Senin 7 Juli. Selain 34 partai itu, ada juga 6 partai lokal asal NAD juga berhasil menjadi peserta Pemilu 2009.

Anda pilih parpol mana atau jadi Golput?

Tulisan ini dikutip dari detik.com

Leave a Reply