Ratusan Kartu Pemilih Pilgub Jatim Hilang

MOJOKERTO – Ratusan kartu pemilih warga Jombang hilang. Senin (21/7/2008) pagi, ratusan kartu pemilih untuk Pilgub Jatim itu ditemukan warga di Kali Sadar Kelurahan Meri, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

Penemuan kartu pemilih ini pertama kali ditemukan Sali, salah satu warga setempat saat menggembala itik di Kali Sadar. Dia melihat bendelan kartu pemilih yang dibungkus plastik dan masih bersegel mengambang di atas air.

Partono, salah satu Satpam PT Barsindo, salah satu pabrik sepatu yang berdekatan dengan lokasi penemuan, langsung meminta kartu pemilih kepada Sali. Pria ini lantas memberitahukan penemuannya itu kepada Ketua DPC PDIP Kota Mojokerto, HM Sochib.

”Kondisinya sudah basah. Dan saat dikeringkan di pinggir sungai, kartu-kartu itu dipakai mainan anak-anak kecil yang sedang bermain,” kata Sochib.

Dikatakan dia, dari ratusan kartu pemilih yang ditemukan, hanya tersisa sekitar 19 lembar. Oleh Sochib, kartu yang masih dalam kondisi basah itu diberikan kepada Ketua Panwas Jombang, Ainaul Mardliyah. ”Kita sudah berikan sisa kartu yang masih bisa diselamatkan,” tukas Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto itu.

Ketua Panwas Jombang, Ainaul Mardliyah mengatakan, pihaknya sudah mengkoordinasikan penemuan tersebut. Untuk mengantisipasi hilangnya hak pilih warga Dusun Ngemplak, Desa Podoroto, Kecamatan Kesamben, pihaknya telah mengambil solusi. ”Kita sudah koordinasi dengan KPUD Kabupaten Jombang. Nantinya saat pencoblosan, warga yang kartu pemilihnya hilang cukup menunjukkan kartu identitas diri,” terang Ainaul Mardliyah. (Tritus Julan/Sindo/mbs)

Source : Okezone.com

Leave a Reply