Staf Ahli Pangdam: Jelang Pilkada, Benih Konflik Mulai Muncul

BANDA ACEH- Staf Ahli Pangdam Iskandar Muda Letkol Infanteri Sunari menilai menjelang pelaksanaan pilkada di Aceh benih-benih konflik antar kelompok mulai muncul. Dia pun meminta semua pihak mewaspadai dinamika politik yang terjadi.

“Secara keseluruhan kondisi Aceh cukup kondusif. Namun, menjelang pilkada benih-benih konflik antar kelompok mulai muncul,” kata Letkol Sunari dalam diskusi memperingati HUT Golkar ke-47 di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Sabtu (22/10).

Itu sebabnya, mantan Dandim Aceh Timur dan Kasrem Lhokseumawe ini meminta semua pihak mewaspadai kondisi itu agar proses dinamika sosial budaya dan politik dapat berjalan sesuai relnya.”Sehingga pembangunan Aceh dapat berjalan,” ujarnya.

Sunari juga menilai, saat ini rasa kebangsaan dan persatuan di kalangan masyarakat sudah luntur. “Perlu kesadaran untuk menumbuhkan kembali rasa kebangsaan dan persatuan guna terciptanya Aceh damai dan keutuhan NKRI,”ujar Sunari.

Sebagai provinsi yang menjadi bagian dari NKRI, kata Sunari, Aceh tidak dapat melepaskan diri sepenuhnya dari dinamika yang terjadi di tingkat nasional.

Selain Sunari, diskusi publik bertema Gerakan memperkokoh wawasan kebangsaan menyongsong perubahan dan perkembangan Aceh juga menghadirkan pemateri dari Polda Aceh dan mantan Ketua Umum Golkar Akbar Tanjung.

Ketua Panitia HUT Golkar ke-47 T Amiruzzahri mengatakan, diskusi itu dimaksudkan untuk menghidupkan kembali nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme. “Wawasan kebangsaan bisa menjadi modal dasar untuk menghadapi perubahan serta bertujuan agar jati diri bangsa tidak hilang,” kata T Amiruzzahri.[]

Source : Atjeh Post

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply