Wiranto Daftarkan 640 Caleg Partai Hanura

JAKARTA–MI: Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyerahkan berkas calon legislatif (caleg) partainya, Selasa sore (19/8).

“Saat ini partai Hanura siap untuk mendaftarkan calegnya. Untuk tingkat pusat, kita mendaftarkan 640 orang. 34 persen diantaranya perempuan,” kata Wiranto kepada wartawan di kantor KPU Jl Imam Bonjol No. 29, Jakarta.

Menurut Wiranto, caleg dari partainya sekitar 70 persen berusia muda di bawah 50 tahun. “Paling muda berusia 21 tahun. Namun sudah kita seleksi secara ketat baik administrasi maupun fisik.” jelas Wiranto.

Wiranto menyatakan partainya tidak menggunakan sistem suara terbanyak. Namun, kata dia, pihaknya masih menggunakan nomor urut. “Tapi angka yang bisa mengeliminasi nomor urut bukan 30% BPP (bilangan pembagi pemilih), melainkan 15% dihadapkan dari jumlah pemilih yang memilih orang. Kan ada yang memilih partai saja kan? Yang memilih orang kan tidak sebesar BPP,” jelasnya.

Meski berasal dari latar belakang militer, Wiranto mengakui pada daftar caleg partainya hanya sedikit yang merupakan purnawirawan. “Oh kecil sekali, di bawah 10%,” terangnya.

Namun tidak halnya dari kalangan artis, Wiranto mengakui banyak artis yang mendaftar sebagai caleg dari partai tersebut. “Ada Gusti Randa dan lainnya. Ada banyak sekali. Tidak bisa saya sebutkan satu per satu karena terlalu banyak,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wiranto menjelaskan banyak sekali pihak yang mendaftar sebagai caleg dari partainya. Namun pihaknya terpaksa mengeliminasi sejumlah orang. “Jumlah 120% sebenarnya bisa tercapai kalau kita tidak menyeleksi mereka,” kata Wiranto.

Wiranto menambahkan meski caleg-caleg mereka sudah di seleksi ketat, mereka tetap harus menandatangani surat pernyataan mundur seandainya nanti mereka melakukan pelanggaran. “Caleg Hanura sudah menandatangani pernyataan kalau nanti setelah terpilih mereka melakukan hal-hal buruk, tidak etis, atau melanggar hukum, mereka harus siap di-recall,” tegasnya. (*/OL-03)

Source : Media Indonesia

Leave a Reply