WALHI Aceh Gelar WAGS

Suasana presentasi di SMU 2 Banda Aceh

Banda Aceh –  Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan kampanye lingkungan untuk pelajar pada SMU Peukan Bada dan SMU Lampeuneurut beberapa waktu lalu, kini WALHI Aceh kembali melakukan acara yang sama di MAN Model Banda Aceh dan SMU 2 Banda Aceh. Acara yang bertajuk “WALHI Aceh Goes to School” (WAGS) diakhiri dengan kegiatan penanaman pohon trembesi dan mahoni pada tiap sekolah.

WAGS yang dilaksanakan pada hari Selasa (8/2), dimulai pada pukul 09.00 WIB di MAN Model dan kemudian acara dilanjutkan di SMU 2 Banda Aceh pada pukul 15.00 WIB. Selain presenter utama, WALHI Aceh juga menurunkan tim antara lain T. Muhammad Zulfikar (Direktur) M. Nizar Abdurrani (Kadiv Advokasi & Kampanye/AK), Yusriadi, Khairia Rahmatika, Anggi Pramana dan Azhar Nasib.

Zulfikar dalam kata sambutannya di MAN Model mengatakan acara ini sangat penting bagi kalangan pelajar dalam meningkatkan wawasan dan kepedulian terhadap lingkungan. “Melalui acara ini pelajar dapat bertambah wawasan tentang apa itu perubahan iklim dan dampaknya terhadap lingkungan,”ujarnya.

Presenter Roys Vahlevi yang juga merupakan Deputi WALHI Aceh, menyampaikan presentasi tentang “Menyelamatkan Lingkungan dari Perubahan Iklim”. Tampil dengan atraktif, Roys berusaha melibatkan siswa dalam tiap sesi presentasinya. Presentasi diselingi dengan game-game menarik misalnya dengan meminta pelajar bergantian membaca kalimat di layar presentasi dengan keras. Atau pelajar diminta membentuk kelompok dalam lingkaran dan kemudian tiap-tiap kelompok mempersembahkan kreasi mereka yang berkaitan dengan lingkungan.

Kepala Bagian Kesiswaan SMU 2, Ermasari S.Pd sangat senang dengan acara WAGS ini. Ia berharap dimasa mendatang WALHI Aceh tetap melanjutkan kerja sama dengan sekolah yang berstatus Sekolah Rintisan Bertaraf Indonesia. “Kalau ada acara penghijauan, kami diajak lah. Kami juga berencana mau mengadakan penanaman pohon lagi di penerimaan siswa baru nanti,”ujar Ermasari.

Kepada siswa diminta untuk menuliskan tentang kesan-kesan mereka selama mengikuti acara tersebut. Umumnya siswa menulis atau berjanji tidak akan membuang sampah sembarangan lagi dan akan menanam pohon lebih banyak disekitar mereka.

“Ya, dalam pikiran awam, yang namanya lingkungan itu selalu dikaitkan dengan sampah dan tanam pohon. Sebenarnya lingkungan terkait dengan banyak hal,”ucap Roys.

Setelah sesi presentasi tentang lingkungan selesai, dilanjutkan dengan penanaman pohon di halaman sekolah. Pihak sekolah, pelajar dan WALHI Aceh bersama-sama menanam pohon tersebut.

WALHI Aceh direncanakan terus mengadakan kegiatan serupa dimasa mendatang dengan mendatangi sekolah-sekolah yang berbeda. Melalui kegiatan ini diharapkan kesadaran pelajar tentang lingkungan akan semakin meningkat.[MNA]

One thought on “WALHI Aceh Gelar WAGS

Leave a Reply