180 Caleg Partai Aceh Ikut Seleksi

LHOKSEUMAWE – 180 calon anggota legislatif (Caleg) untuk Dewan Pimpinan Wilayah Partai Aceh (DPW PA) Kabupaten Aceh Utara, Senin (11/8) mengikuti test tertulis dan tes lisan. Tes yang berlangsung di Sekretariat DPW PA Aceh Utara di kawasan Mon Geugong itu dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB-12.00 WIB.

Mereka yang diusung sebagai Caleg dipilih dari berbagai elemen masyarakat, seperti cendikiawan, alim ulama, tokoh masyarakat, dan unsur GAM. “Proses pemilihan itu dilakukan untuk menjaring figur-figur terbaik yang akan kita ajukan sebagai Caleg,” kata Ketua DPW PA Aceh Utara, Tgk Zulkarnaini Hamzah kepada wartawan usai pelaksanaan seleksi, kemarin.

Menurut Tgk Zulkarnaini Hamzah yang akrab disapa Tgk Ni itu, sebelum dilakukan test di kantor sekretariat itu, mereka lebih dulu diseleksi di tingkat dewan pengurus Sagoe masing-masing. “Kami terima hasil seleksi pertama dari Sagoe se-Aceh Utara,” kata Tgk Ni.

Dikatakan, dari 180 peserta yang bersaing, 30 persen di antaranya adalah kaum hawa (wanita). Mereka kelihatan sangat menggebu-gebu semangatnya. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa Aceh mulai mengalami kemajuan dan mulai membuka diri kepada semua pihak untuk berpolitik.

“Kita harapkan nanti mereka akan bersaing secara sehat dan sedia menerima kenyataan dalam bergelut di dunia politik,” ujar Tgk Ni yang juga ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Wilayah Samudera Pase.

Proses seleksi Caleg Partai Aceh, tambahnya, sangat transparan. Hal ini itu dimaksudkan supaya memperoleh hasil maksimal sebagaimana harapan rakyat Aceh. “Bek singoh lheuh teupileh teulah masyarakat (jangan nanti setelah dipilih masyarakat menyesal-red),” katanya.(ib)

Source : Serambi Indonesia