4 Partai Lokal Aceh Gagal Ikut Pemilu

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyatakan empat partai lokal dari 10 partai politik lokal yang mengikuti verifikasi faktual tidak lulus sebagai peserta pemilu di Aceh.

Ketua KIP Aceh, Abdul Salam Poroh mengatakan, keempat partai tersebut masing-masing, Partai Aliansi Rakyat Aceh Peduli Perempuan (PARA), Partai Darussalam (PD), Partai Generasi Aliansi Beusaboh Thaat dan Bertaqwa (Gabthat) dan Partai Lokal Aceh (PLA)

Ke empat partai yang dinyatakan tidak lolos verifikasi faktual, karena tidak bisa melengkapi syarat-syarat yang telah ditetapkan katanya di Banda Aceh Senin (7/7/2008)

Misalnya, tidak bisa menunjukkan syarat-syarat sesuai yang telah ditetapkan, seperti data-data atau berita acara yang disampaikan ke KIP tentang kantor serta status kantor tidak sesuai pada saat tim verifikasi turun kelapangan.

Selain itu, kata Salam,  mereka juga tidak bisa menunjukkan kepengurusan partainya seperti ketua, sekretaris  dan bendahara di lapangan, juga masalah kartu tanda anggota partai (KTA). Salam menambahkan, pihaknya juga telah memberitahukan pada pengurus partai yang tidak lolos serta alasan mereka tidak lolos.

Sementara ini mereka menerima tentang apa yang kita sampaikan, kata Salam.

Sementara Ketua Pokja Verifikasi Parlok, Roby Saputra, menyatakan bila ada partai yang tidak puas dengan hasil keputusan KIP dipersilakan untuk menempuh jalur hukum Dipersilakan bagi mereka yang ingin menempuh jalur hukum, hal itu sah-sah saja di era demokrasi, ujarnya.

Partai lokal yang lolos verifikasi yakni, Partai Aceh (PA), Partai Aceh Aman Sejahtera (PAAS), Partai Bersatu Atjeh (PBA), Partai Daulat Aceh (PDA) Partai Rakyat Aceh (PRA) dan Partai Suara Independen Rakyat Aceh (SIRA). (sis)

Tulisan ini diktip dari okezone.com

Leave a Reply