45 Calon DPD Asal Sumbar Lolos Verifikasi Faktual

PADANG–MI: 45 dari 46 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Sumatra Barat (Sumbar) lolos verifikasi adiministrasi. Selanjutnya para calon senator tersebut akan mengikuti verifikasi faktual di tingkat KPU kabupaten dan kota di Sumbar.

Satu calon anggota DPD yang tidak lolos adalah Asbon Budiman Haza. “Hasil verifikasi menunjukkan jumlah dukungan terhadap Asbon kurang dari 2.000 orang,” kata Ketua KPU Sumbar Marzul Veri, Senin (28/7). Selain itu, Asbon juga tidak menyerahkan hasil pemeriksaan pada surat keterangan kesehatan.

Verifikasi faktual terhadap calon anggota DPD akan dilaksanakan hingga Jumat (1/8) mendatang. Hasil verifikasi faktual akan menentukan daftar calon anggota DPD dari Sumbar yang berhak mengikuti Pemilu 2009 mendatang.

Pendaftaran calon anggota DPD RI periode 2009-2014 cukup diminati di Sumbar. Sejak dibukanya pendaftaran pada 27 Juni lalu, sebanyak 70 orang mengambil formulir pendaftaran. Namun hingga saat terakhir penutupan calon anggota DPD, Kamis (14/7), pukul 24.00 WIB, hanya 46 calon anggota yang mengembalikan formulir.

Calon anggota DPD yang mendaftar di KPU Sumbar berasal dari berbagai kalangan baik anggota DPD sebelumnya, anggota legislatif, pengusaha, seniman dan mantan pejabat. Calon anggota DPD itu antara lain anggota DPD 2004-2009 Irman Gusman, Mochtar Naim dan Afdal, anggota DPR Patrialis Akbar, anggota DPRD Sumbar Marhadi Effendi, Usman Husen dan ketua DPRD Pesisir. (AA/OL-06)

Source : Media Indonesia

Leave a Reply