Penentuan Caleg bakal Munculkan Polemik di Tubuh PKB dan PPDI

JAKARTA–MI: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengkhawatirkan kepengurusan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI) dapat menimbulkan polemik saat pendaftaran calon legislatif (caleg). Namun KPU akan tetap tegas berpegang pada parpol yang terdaftar di Departemen Hukum dan Hak Azasi Manusia (Depkum dan HAM).

Memang KPU sudah menerima pengesahan dari Depkum dan HAM. Kepengurusan PKB yang sah Ketua Umum Muhaimin Iskandar dan Sekjennya Lukman Edy. Kepengurusan PPDI Ketua Umum Endung Sutrisno dan Sekjen V Joes Prananto.

“Sebelum ada pengesahan dari Depkum dan HAM, dua partai ini berpolek kepengurusan ganda. Karena itu di daerah sampai saat ini masih ada masalah pengajuan calon kepala daerah dari kepengurusan ganda. Ini juga dikhawatirkan bisa teradi pada saat pendaftaran caleg,” kata anggota KPU Abdul Azis di Jakarta, Selasa (12/8).

Kepengurusan PKB berkonflik antara kubu Muhaimin Iskandar dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Sedangkan PPDI beperkara antara kubu Mentik Budiwiyo dan Endung Sutrisno. Dua kepengurusan parpol peserta Pemilu 2009 itu telah diputus pengadilan yakni PKB kubu Muhaimin yang sah dan PPDI kubu Endung yang sah.

“KPU sudah menerima keputusan pengesahan masing-masing parpol itu dari Depkum dan HAM. Agar tidak terjadi masalah pendaftaran caleg di daerah, pimpinan pusat masing-masing parpol itu sebaiknya memberi penjelasan ke KPU daerah,” kata Azis.

Joes Prananto mengatakan pihaknya telah membuat surat edaran ke seluruh pimpinan daerah PPDI. “PPDI ada di 33 provinsi dan sekitar 300 kabupaten/kota. Kami sudah mengirimkan surat ke pimpinan daerah PPDI dan menembuskannya ke KPU daerah,” katanya kepada Media Indonesia di Jakarta, Selasa (12/8).

Sementara itu, anggota KPU Endang Sulastri mengatakan pihaknya akan menggunakan gedung ruang sidang utama KPU sebagai tempat penerimaann pendaftaran caleg. “Pendaftaran caleg dimulai 14 Agutsus. Setiap parpol akan ditangani minimal tiga orang staf,” kata Endang. Para penerima pendaftaran itu, ujar Endang akan bekerja hingga pukul 00.00 Wib pada hari terakhir pendaftaran yakni 19 Agustus 2008. (KN/OL-03)

Source : Media Indonesia

Leave a Reply