PPP Kedepankan Caleg Antikorupsi

JAKARTA–MI: Partai Persatuan Pembangunan mantargetkan untuk mendapatkan dukungan 15% suara  atau menduduki 84 suara DPR RI dalam Pemilu 2009 dengan mengajukan calon-calon legislatif  yang bersih dari tindak korupsi yang saat ini marak terjadi di kalangan anggota dewan.

Hal itu dilakukan karena PPP bertekad untuk  menjadi partai yang bersih, sekaligus untuk menarik konstituen. Masalah yang menyandung mantan Ketua DPW PPP Jambi yang juga menjabat sebagai anggota Komisi V DPR RI Al Amin Nasution juga dijadikan bahan instrospeksi diri partai.

“Apa yang terjadi pada Al Amin kita gunakan sebagai instrospeksi, jangan sampai kasus serupa terulang kembali. Oleh karena itu kita saat ini mencari kader yang benar-benar bersih,” kata Wakil Ketua Umum DPP PPP Chozin Chumaidy pada keterangannya kepada wartawan dalam acara Orientasi Bakal Calon Anggota Legislatif PPP, di Hotel Mercure, Jumat (4/7).

Chozin juga menegaskan, tokoh-tokoh yang bermasalah, salah satunya Al Amin, tidak akan dimasukkan dalam amggota dewan legislatif lagi. “Saya tidak akan memilih orang-orang yang bermasalah lagi, kita akan mencari orang-orang yang benar-benar besih,” tambahnya.

Cara yang dilakukan PPP untuk mendapatkan calon yang benar-benar bersih adalah dengan  melakukan rekrutmen yang transparan, independen, dan berjenjang. Jika ternyata pada pelaksanaannya nanti, berdasarkan pantauan, ternyata ada anggota dewan yang melanggar, maka akan dikenai sanksi bahkan dikeluarkan..

“Kami tidak tanggung-tanggung, begitu korupsi atau melanggar hukum, tidak akan dicalonkan lagi,” kata Chozin.

Chozin tidak memungkiri salah satu upaya yang dilakukan PPP memerangi korupsi dengan memilih anggota dewan yang bersih merupakan salah satu bentuk menarik konstituen untuk memenangkan Pemilu 2009 nanti. Pada Pemilu mendatang, PPP memiliki target mengumpulkan 15% suara atau 84 kursi DPR RI (asumsi jumlah kursi 560).

“Kalau dengan gebrakan ini ternyata semakin banyak  konstituen yang menjatuhkan pilihan pada PPP, Alhamdulillah,” ujarnya.

Pengkaderan calon legislatif yang bersih ini dinilai PPP memiliki prospek yang  bagus untuk memerangi korupsi di tingkat anggota dewan di DPR. “Itu pastinya efektif, saya berharap mendapat orang-orang terbaik,   sehingga tidak ada lagi anggota dewan khususnya dari PPP yang terlibat korupsi, “ kata Sekjen DPP PKB Irgan Chairul Mahfiz. (*/OL-03)

Tulisan ini dikutip dari Media Indonesia Online

Leave a Reply