1.368 bakal caleg DPRA terdaftar di KIP NAD

BANDA ACEH – Sebanyak 1.368 orang bakal calon anggota legislatif (caleg) untuk DPR Aceh terdaftar di Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) diajukan oleh 43 partai politik nasional dan lokal peserta Pemilu 2009.

Ketua kelompok kerja pencalonan pada KIP NAD, Yarwin Adidarma di Banda Aceh, Rabu, mengatakan jumlah bakal caleg tersebut mungkin bisa bertambah lagi pada saat perbaikan berkas yang berlangsung sampai dengan tanggal 9 September 2008.

Ia mengatakan jumlah tersebut baru 38 persen dari total bakal caleg apabila setiap partai memenuhi kriteria maksimal 120 persen dari jumlah 69 kursi DPRA yang diperebutkan pada pemilu legislatif mendatang.

Pendaftaran caleg setiap partai maksimal 120 persen dari jumlah kursi, yakni 83 orang. Belum bisa dirincikan partai-partai politik yang mengajukan bakal calegnya, karena masih dalam proses rekapitulasi.

Hal itu menunjukkan bahwa ada partai yang mengalami kesulitan mencari bakal caleg, bahkan ada yang hanya mendaftarkan satu orang dan ada juga delapan orang, sehingga masing-masing daerah pemilihan (DP) satu orang, katanya.

Namun, dari sekian banyak partai ada beberapa partai yang mendaftarkan bakal calegnya memenuhi 120 persen, khususnya partai nasional yang tergolong besar, seperti Partai Golkar, PAN, PPP.

Demikian juga partai lokal seperti Partai Aceh, Partai Rakyat Aceh (PRA) dan Partai Suara Independen Rakyat Aceh (SIRA)

Source : Harian Waspada, 21 Agustus 2008

Leave a Reply