Indra J Piliang: Prabowo Keluar, Golkar Makin Solid

Jakarta – Hengkangnya Prabowo Subianto dari Partai Golkar menimbulkan 2 akibat terhadap kekuatan partai berlambang pohon beringin itu. Bisa berkurang, bisa juga bertambah.

“Bisa mengurangi, bisa saja malah bertambah kuat Golkar. Karena Prabowo itu dihitung sebagai salah satu faksi,” ujar pengamat politik dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Indra J Piliang di Kantornya, Jl Tanah Abang III, Jakarta Pusat, Selasa (15/7/2008).

Namun, kata Indra jika dilihat dari segi positifnya, berpalingnya Prabowo akan membuat solidaritas Golkar akan semakin terbentuk. Dengan hengkangnya faksi Prabowo itu, kalangan internal Golkar lebih mudah meyelesaikan perbedaan.

“Golkar ini kan punya tokoh yang banyak. Dan dia (Golkar) mampu mengakomodir pandangan yang berbeda di kalangan tokoh-tokoh tersebut. Jadi kalau ada satu atau atau dua orang ke luar, soliditas Golkar akan jadi lebih mudah,” jelas Indra.

Lalu bagaimana dampak kehadiran Prabowo di partainya yang baru, Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)? Indra mengatakan, Gerindra sangat diuntungkan dengan bergabungnya mantan Danjen Koppassus itu.

Sebagai partai baru, Gerindra memerlukan tokoh atau figur yang menjadi ikon bagi partai. Dan untuk itu, Prabowo-lah jawabannya.

“Saya kira dengan masuknya Prabowo akan semakin bagus. Figur Prabowo bisa diusung sebagai figur pemersatu. Tapi apakah Gerindra akan bisa bekerja lebih luas, tunggu dulu,” pungkas Indra.(irw/iy)

Source : Detik.com

Leave a Reply