Maju Jadi Capres, Fadjroel Tiru Obama

JAKARTAFadjroel Rahman menyatakan siap maju sebagai capres dari jalur independen.Untuk penggalangan dukungan dan pendanaan, Fadjroel melalui Yayasan Fadjroel for President yang dibentuknya akan meniru strategi yang dipakai Barack Obama, kandidat presiden AS dari Partai Demokrat.

“Sampai sekarang Yayasan Fadjroel for Presiden mengumpulkan dana secara global. Dengan website. Obama banget deh,” seloroh Fadjroel Rahman saat berbincang dengan okezone, Kamis (24/7/2008).

Nantinya, masyarakat yang ingin mendukungnya dapat menyumbangkan uang melalui internet. Uniknya setiap orang hanya boleh menyumbang sebesar Rp10 ribu atau USD1.

“Tapi jika ada orang yang ingin menyumbang lebih dari Rp10 ribu misalnya Rp50 ribu, orang itu harus memasukan nama empat orang lainnya,” terang Fadjroel.

Menurut Fadjroel hal itu untuk mempermudah akuntabilitas penggunaan dana sekaligus participatory budget-nya . “Nanti (penyumbang) bisa menentukan akan dipakai untuk apa uang itu,” kata mantan aktivis mahasiswa ITB era 80-an itu.

Selain untuk menggalang dana, teknologi dunia maya juga dimanfaatkan Fadjroel untuk mengiklankan diri sebagai capres independent. Sejumlah situs jejaring antara lain Face Book, Multiply, Friendster, WordPress, My Space hingga Forum Kaskus Indonesia, dipakai Fadjroel untuk mendekatkan diri dengan pendukungnya.

Responnya? Fadjroel mengklaim dukungan sudah mulai mengalir meski pendekatan dunia maya itu baru dirintisnya. Face Book yang baru dibukanya tiga hari lalu, sudah ada 391 orang yang masuk ke Face Book-nya..

“Saya belum ke media massa. Masih melalui dunia maya, murah, meriah dan menang,” ujar mantan aktivis yang pernah dibuang ke Nusakambangan oleh pemerintah Orde Baru ini. (fit)

Source : okezone.com

Leave a Reply