Parpol Diminta Daftarkan Tim Kampanye

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) mengimbau kepada semua partai politik, baik nasional maupun lokal, agar mendaftarkan susunan kepanitian kampanye ke KIP provinsi dan kabupaten/kota masing-masingKetua Kelompok Kerja (Pokja) Kampanye KIP Aceh, Zainal Abidin mengatakan, imbaun tersebut disampaikan pihaknya karena KIP Aceh sudah menerima lampiran Peraturan KPU nomor 19/2008 tentang aturan teknis pelaksanaan kampanye Pemilu 2009. “Sebelumnya memang terkait hal ini belum kita sampaikan kepada semua partai, karena KIP saat itu belum menerima aturan pelaksana kampanye dari KPU,” kata Zainal kepada Serambi, Rabu (16/7).

Dia menjelaskan, susunan atau tim kampanye tiap parpol dapat didaftarkan di KIP provinsi kabupaten/kota masing-masing. Menurut dia, tim kampanye itu merupakan panitia pelaksana kampanye setiap parpol yang akan terlibat dalam proses kegiatan kampanye partai yang bersangkutan, baik untuk kampanye dalam bentuk terbatas maupun rapat umum.

Dijelaskan, berdasarkan Peraturan KPU nomor 19/2008, setiap partai polilik harus melampirkan susunan tim atau kepanitian setiap partai kepada KIP agar proses kampanye berjalan lebih terkoordinasi. “Ini penting agar setidaknya kita tahu siapa yang akan menjadi juru kampanye parpol yang bersangkutan,” tandasnya.

Sementara itu, hingga mamasuki hari ke lima kampanye (terbatas), Banda Aceh masih sepi dari atribut parpol. Bendera parpol umumnya hanya berkibar di depan kantor parpol. Umumnya, parpol di Aceh masih dalam tahap merampungkan proses rekruitmen calon legislatif. Seperti diutarakan oleh seorang pengurus Partai Rakyat Aceh (PRA), Rahmad Djailani. “Sejauh ini kita baru memulainya dengan menaikkan baliho dan spanduk di depan kantor. Sedangkan atribut lainnya sedang kita persiapkan. Dia menyebutkan, PRA saat ini masih berkosentrasi pada dua hal. Yakni, rekruitmen calon legislatif (caleg) dan mempersiapkan produk kampanye.(sar)

Source : Harian Serambi Indonesia

Leave a Reply