Partai Matahari Bangsa Rekomendasikan 13 Nama Capres

JAKARTA–MI: Partai Matahari Bangsa (PMB) merekomendasikan 13 tokoh nasional yang dianggap layak untuk dicalonkan sebagai presiden pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2009. Nama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak masuk rekomendasi.

Rekomendasi nama 13 tokoh yang berpeluang masuk bursa kepemimpinan nasional tersebut merupakan hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PMB di Jakarta, Minggu (27/7).

Seusai menutup Rapimnas, Ketua Umum PMB Imam Addaruqutni mengatakan pihaknya akan terus mengamati dan memonitor perkembangan ke-13 tokoh tersebut di masyarakat.

“Nama-nama tersebut nantinya diharapkan akan mengerucut menjadi satu nama menjelang Pilpres 2009,” katanya yang didampingi Sekjen Ahmad Rofiq dan jajaran pengurus PMB lainnya.

Imam menambahkan masih ada waktu sekitar setahun untuk memproses ke-13 nama tersebut hingga mengerucut menjadi satu nama. “Kita punya formulanya, kemungkianan konvensi atau pemilu raya di kalangan intern PMB juga bisa. Peluang lewat konvensi sekitar 80%-90%. Tetapi yang jelas, kita akan jalin komunikasi intensif dengan 13 tokoh itu,” katanya.

Mengenai tidak masuknya nama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Jusuf Kalla di antara 13 nama itu, Imam mengatakan, para peserta Rapimnas menginginkan pemimpin nasional alternatif yang mampu membawa perubahan.

Menurut dia, PMB ingin agar masyarakat tidak terjebak pada polarisasi terhadap satu figur, sehingga masyarakat perlu dihadapkan pada pilihan alternatif.

Siapa saja 13 tokoh tersebut, klik di Election Online, Referensi Pemilu Indonesia yang disajikan www.mediaindonesia.com. (Ant/X-11)

Soource : Media Indonesia

Leave a Reply