Pasangan CS Kampanye Pertama di Zona I

Pekanbaru, Kompas – Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Riau, Chaidir-Suryadi Husaini atau CS, mendapat kesempatan pertama berkampanye di zona I, yakni di ibu kota Provinsi Riau, Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, dan Rokan Hilir.

Sementara itu, pesaingnya, Thamsir Rahman-Taufan Andoso Yakin, berkampanye di zona II (Kota Dumai, Kabupaten Siak, Bengkalis, dan Pelalawan) serta pasangan Rusli Zainal-Mambang Mit di zona III (Kabupaten Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kuantan Singingi).

Demikian hasil pengundian jadwal kampanye yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau pada Senin (11/8) di Pekanbaru. Hadir dalam pengundian pasangan Rusli Zainal-Mambang Mit, Suryadi tanpa didampingi Chaidir, dan Taufan Andoso tanpa Thamsir Rahman.

Bergilir

Menurut anggota KPU Riau, Makmur Hendrik, pelaksanaan kampanye Pemilihan Umum Kepala Daerah Riau mulai dari 5 September hingga 18 September. Sementara itu, proses pencoblosan berlangsung pada 22 September.

”Kampanye akan dilakukan secara bergilir sesuai dengan siklus yang telah diundi. Namun, untuk kampanye pada hari terakhir, setiap pasangan calon dibebaskan untuk menentukan lokasi kampanye yang diinginkan,” ujar Makmur.

Batal

Rencana KPU Riau untuk mengumumkan kekayaan setiap calon, yang dijadwalkan pada Senin, batal dilaksanakan. Hal itu disebabkan KPU belum menerima laporan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

”Kami belum menerima laporan verifikasi harta kekayaan dari salah seorang calon gubernur dari KPK. Kami telah menghubungi KPK, tetapi KPK menyatakan belum selesai memverifikasi kekayaan dimaksud. Karena itu, kami harus menunda pengumuman kekayaan itu,” kata Makmur.

Makmur tidak bersedia menyebut pasangan calon yang harta kekayaannya belum selesai diverifikasi oleh KPK. Namun, secara terpisah, salah seorang anggota tim sukses Thamsir Rachman, Asrul Jafar, mengakui, verifikasi yang belum selesai itu adalah milik Thamsir.

”Verifikasi Pak Thamsir masih diproses oleh KPK,” tutur Asrul.

Makmur belum dapat memastikan pengumuman harta kekayaan para calon. Namun, ia yakin sebelum pelaksanaan kampanye, pengumuman harta kekayaan itu sudah dapat dilaksanakan. (SAH)

Source: kompas.com

One thought on “Pasangan CS Kampanye Pertama di Zona I

Leave a Reply