Pilkada Kerinci: Enam Pasang Calon Dapat Nomor Urut

Jambi, Kompas – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kerinci menetapkan nomor urut bagi enam pasang kandidat bupati dan wakil bupati di Gedung Nasional, Sungai Penuh, Sabtu (9/8). Pada kesempatan itu, semua pasangan juga menandatangani deklarasi Pemilihan Kepala daerah atau Pilkada Damai.

Enam pasangan tersebut adalah Ami Taher-Dianda Putera mendapat nomor urut 1, Nuzran Joher-Julizarman nomor 2, Herman Muchtar-Mulyadi Raf nomor 3, Hasani Hamid-Afrizal nomor 4, Zubir Muchtar-Daniel Miftah nomor 5, dan Murasman-Rahman nomor 6.

”Setiap pasangan sudah kami tetapkan nomor urutnya setelah mengikuti pengambilan nomor secara acak. Selanjutnya, mereka dapat menyosialisasikan nomor urut kepada para pendukungnya,” tutur Puadi, Ketua KPU Kerinci.

Menurut Puadi, keikutsertaan kandidat bupati/wakil bupati cukup banyak pada pilkada kali ini. Hal tersebut menunjukkan antusiasme masyarakat meningkat untuk aktif dalam politik.

Adapun sebagian kandidat adalah nama-nama lama yang dikenal dalam kursi pemerintahan daerah, seperti Hasani Hamid yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati Kerinci. Selain itu, ada Zubir yang sebelumnya menjabat Sekda Kerinci dan Afrizal sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kerinci. Sedangkan Murasman adalah anggota DPRD Kerinci. Selebihnya datang dari kalangan dosen, Dewan Perwakilan Daerah, serta pejabat dan pensiunan di Pemerintah Provinsi Jambi.

Setelah mendapat nomor urut, semua kandidat menandatangani Deklarasi Pilkada Damai. Ada delapan poin yang harus dipatuhi para kandidat, antara lain komitmen untuk melaksanakan pilkada secara damai, siap menerima kekalahan, menghormati dalam melaksanakan kampanye serta tunduk pada aturan yang berlaku, menghormati kebebasan pers yang memberikan informasi kepada masyarakat.

Para kandidat selanjutnya akan melaksanakan kampanye selama 14 hari, mulai dari 29 Agustus hingga 12 September. Setelah tiga hari berikutnya masa tenang, kemudian pencoblosan pada 16 Oktober.

KPU Kerinci telah menyiapkan 550 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di semua kelurahan bagi 223.953 mata pilih. Selain itu disiapkan pula TPS khusus tahanan dan pasien rumah sakit. (ITA)

Source : kompas.com

28 thoughts on “Pilkada Kerinci: Enam Pasang Calon Dapat Nomor Urut

  1. Assalamualikum
    Selamat kita Pasangan Cabup dan cawabup Kerinci yang telah mendapat nomor urut. Cuma saya ingin memberi saran agar para calon itu mengadakan semacam rumbukan “aksi damai’ yang di tabda tangani di depan Rakya”DPRD Kerinci” aagar tak terjadi hal yang bersifat anarkis dan merekalah yang mesti bertanggung jawab bila ada aksi yang di luar keinginan kita bersama. Wassalam.

  2. ENAM CALON YANG BEREBUT UNTUK WILAYAH SEBESAR KAB KERINCI KAYAKNYA ORANG KERINCI PENGEN JADI BUPATI SEMUA. SEBUAH FENOMENA YANG ANEH. TAPI DEMIKIANLAH KARAKTER KITA MAJU SATU IKUT SERIBU. PREDIKSI SAYA PERHELATAN KALI INI DUA PUTARAN. MESTINYA KAPU HARUS BERUPAYA MENCARI DANA BUAT RONDE KEDUA ATAU RONDE TERAKHIR.

  3. ass.

    kerinci harus berubah,
    harus dipimpin oleh orang yang amanah, santun, cerdas dan peduli terhadap masyarakat.

    pertarungan bupati kerinci adalah pertarungan antara elit partai melawan rakyat.

    juga pertarungan antara incumben dan pilihan rakyat langsung.

    aku pilih yang pilihan rakyat langsung, ami taher, bayangkan cuma 1 minggu terkumpul 38.000

    mari pilih ami taher, agar kita melihat kemajuan kerinci

  4. ass,

    Banyak mobil menuju jambi
    ada pedati bawa jerami
    banyak memang calon bupati
    namun Ami dianda pilihan kami

  5. salam kincai

    yo…ayo…kerinci bangkit
    sekarang saatnya, kapan lagi

    kuharap pemimpin yang baik hati, santun,cerdas…

    jangan yg sombong (baru foto sama SBY aja sdh sombong)(baru keluar negeri beberapa kali aja sdh sombong)

    Jangan yang sok kaya (pamer mercy di depan kesusahan rakyat, bilangnya pengusaha sukses, kasian rakyat kerinci)

    apalagi yang incumben ( bilangnya mengabdi untuk rakyat, hah…kemarin2 10 tahun kemane aje)

    ayo…rakyat kerinci, ini pertarungan rakyat dan elit partai.

    rakyat bersatu tak bisa di kalahkan..!!!

  6. aku pilih ami taher..

    aku orang jawa pilih ami taher
    temanku orang padang,pilih ami taher
    temanku juga siulak, walaupun ada tokoh calon, tetep pilih ami taher

    aku gak mau tertipu dg yang lama.aku juga gak mau tertipu dg yang bangga2kan pegusaha, ha…ha…

    apalagi yang sombong, masih kecil aja sdh sombong (baru foto sma SBY aja di pamer2in)

    he…he…

  7. bukan saatnya kita berkomentar..

    ini baik,ini buruk.. lihat lebih dalam lagi figur yang akan kita pilih….

    mau pengusaha,angg dpr/dprd,anggt dpd, yang penting punya arah yang jelas dan tujuan yang pasti untuk pembangunan kerinci..

    kenapa yang lama tidak ada ?
    KARENA tidak ada yang membekas dihati kami selama ini,, jadi maaf kami tidak ingat..

  8. Kami mahasiswa kerinci menginginkan pemimpin yg muda dan enerjik,yang bisa mmbrkan layanan transportasi yg baik,tembus jalan TNKS tu

  9. ASS WR WB
    BHINEKA NARA EKA BHAKTI JELAS BAHWA SAYA MEMILIH AMI TAHER-DIANDA PUTRA,SY ORANG LUAR JAMBI TAPI PERLU SAYA INGATKAN BAHWA SAAT INI SALAH SATU PUTRA TERBAIK BANGSA DARI KERINCI DIANDA PUTRA MAJU SBG CAWABUP, MAJU TERUSS…DIA ADALAH PUTRA TERBAIK SAAT KAMI SAMA2 DIPENDIDIKAN, CERDAS, RELIGIUS, AMANAH, JUJUR, SOSIAL. MAJU KAWAN. EWAKOOOOOO…….

  10. Pilkada lebih kepada seremoni yang digembor-gemborkan. Seolah-olah setelah Pilkada rakyat akan sejahtera. Para intelektual banyak tergiur dengan gegap gempita seksinya kekuasaan. Kekuasaan memang membuat silau. Sehingga dipuja dengan adrenalin yang meninggi. Tapi sekian kali kita dibohongi oleh orang-orang yang kita anggap dipilih secara demokratis. Kita bukan saja tidak boleh sangat bergantung kepada orang yang dipilih, tetapi juga tidak boleh tergantung pada “Pemilihan” itu sendiri.

    Demokrasi tidak ditentukan oleh kertas suara, melainkan partisipasi yang intens antar masyarakat dengan pemerintah dalam menciptakan keadilan di daerah. Saudara-saudara yang langsung berada pada titik kontrol kekuasaan di daerah merupakan aktor yang menentukan demokrasi setelah Bupati/Wakil Bupati baru terpilih. Bukan sebelumnya !

  11. Secara prinsip, Cost Politik berbanding terbalik dengan aspirasi masyarakat, sehingga cost politik yang besar seperti biaya perahu, biaya pendayung, tim sukes, semakin besar akan semakin kecil penyerapan aspirasi masyarakat, karena calon menganggap ini sebuah investasi walaupun investasi ini lebih besar spekulatifnya, sehingga mari kita pilih calon yang betul-betul berjuang dengan tidak mengandalkan biaya politik yang tinggi, karena kalau biaya politik tinggi, cenderung sewaktu mereka memimpin, investasi harus kembali dan akan cenderung melanggar ketentuan dan KKN semakin merajalela

  12. Pesta demokrasi rakyat Kerinci tinggal beberapa hari lagi. Kami dari HKK mendukung pasangan calon yang bersih dan berwibawa, berwawasan mengembangkan ekonomi kerakyatan, serta tidak memihak Kerinci Hilir, Mudik ataupun Kerinci Tengah. Seperti Bupati-Bupati sebelumnya.

  13. As, halo uhang kinci, sebentar lagi pemungutan suara (16/10/2008), saatnya kita tentukan perubahan, ingat jangan tipu nurani kita sendiri. Yah.. Kalau dapat kaos, THR, mukna, sarung dll, ambil saja, yg jelas tgl 16 okt, kita pilih sesuai dg hati nurani

  14. Sebaiknya kita tanya hati nurani.
    Jujurkah cara yang ditempuh pilihanmu?
    Kalau dari awal sudah tidak jujur, bagaimana kalau sudah memimpin nanti. Agama jangan dijadikan kedok.
    Kecurangan, kebrutalan, jangan dijadikan senjata.
    Ini menyangkut Kerinci ke depan.
    INGAT !!!!!!
    Sekali kita salah pilih…………….
    5 tahun kita menderita.

  15. # kong
    August 25th, 2008 at 10:20 pm

    salam kincai

    yo…ayo…kerinci bangkit
    sekarang saatnya, kapan lagi

    kuharap pemimpin yang baik hati, santun,cerdas…

    jangan yg sombong (baru foto sama SBY aja sdh sombong)(baru keluar negeri beberapa kali aja sdh sombong)

    Jangan yang sok kaya (pamer mercy di depan kesusahan rakyat, bilangnya pengusaha sukses, kasian rakyat kerinci)

    apalagi yang incumben ( bilangnya mengabdi untuk rakyat, hah…kemarin2 10 tahun kemane aje)

    ayo…rakyat kerinci, ini pertarungan rakyat dan elit partai.

    rakyat bersatu tak bisa di kalahkan..!!!
    # kong
    August 25th, 2008 at 10:30 pm

    aku pilih ami taher..

    aku orang jawa pilih ami taher
    temanku orang padang,pilih ami taher
    temanku juga siulak, walaupun ada tokoh calon, tetep pilih ami taher

    aku gak mau tertipu dg yang lama.aku juga gak mau tertipu dg yang bangga2kan pegusaha, ha…ha…

    apalagi yang sombong, masih kecil aja sdh sombong (baru foto sma SBY aja di pamer2in)

    he…he…
    ————————-
    >>>>>> Kong >>>>> cuap generation
    paling kamu juga dibeli tu
    mau jual kerinci ya?

  16. Saya H.Salman beserta staff dan karyawan PT.Air Panas Semurup Mendukung Sepenuhnya Bapak Ir.H.Ami Taher Untuk Menjadi Bupati Kerinci. “Pok ame-ame bulalang kupu kupu, ayoo rame rame coblos No.1 . Hidup Ami dianda

  17. Kami Masyarakat Desa Koto Dua Baru Semurup Mendukung AMI DIANDA Jadi pemimpin kerinci

  18. Kerinci oooohhhh Kerinci……..
    Jalan yang seperti kubangan kerbau, ada apa dengan kerinci dimana pemimpin kerinci dan kroni-kroninya selama 10 tahun ini, apakah mereka terlelap dengan kesenangan pribadi menikmati penderitaan masyarakat kerinci, apakah mereka punya hati nurani untuk membangun kerinci, dimana janji mereka….??

    Ayo masyarakat kerinci buka mata, pilihlah yang benar-benar layak untuk menjadi pemimpin yang mempunyai sifat Relegius, Amanah, bependidikan, jujur dan berjiwa sosial tinggi.

    Pilihan masyarakat kerinci akan menentukan nasib Kabupaten Kerinci untuk masa yang akan datang.

  19. Yang dibutuhkan oleh para cabup dan cawabup itu di”PILIH” bukan di”DUKUNG”. Ngomong itu yang jelas dong. jangan asal NGANGO.
    Orang semurup memilih calon yang dari semutup, WAJAR. Memang dari dulunya seperti itu. Contohnya waktu ada orang semurup jadi Kakanwul DIKBUD Prop.Jambi dulu. Kan pejabat2 dilingkungan DIKBUD banyak orang semurup juga. Penerimaan guru, yang lulus banyak orang semurup.
    Selamat !!!! PT.Air Panas Semurup bakal dapat banyak proyek nantinya. Horeeee……………………………….
    Bagi bagi ya proyeknya pak Haji.

  20. saudara2ku yg ada diseluruh pelosok kerinci!jadilah pemilih yg bertnggjwb,suara anda sngt menentukan nasib kerinci kedpnnya.kami warga kerinci yg ada diperantauan mendukung sepenuhnya pesta demokrasi pilkada yg Insya Alloh akan laksanakan tgl 16 okt bsk,pilihlah pemimpin yg bs membawa kerinci kearah yg lebih baik terutama yg sanggup memperbaiki jln yg terlht sdh banyak yg rusak agar akses ke kerinci bs lbh lancar krn jalan yg bagus merupakan slh satu modal utk kerinci bs maju.saya ykn para cabub dan wabub adalah orang2 pilihan yg sangat bijaksana,siap menang dan siap pula menerima kekalahan.harapan kami siapun yg terpilih bs menjd pemimpin yg adil dan bijaksana bagi rakyat kerinci,tidak berpihak pd slh satu golongan dan daerah tertentu dalam segala hal karena Anda diminta pertanggungjwbannya dihadapan Alloh terhadap apa yg anda pimpin.Berpolitiklah secara islami dg tidak menjelek2kan calon lainnya!sukses buat rakyat kerinci!

  21. Capek……. deh liatin tingkah laku Pimpinan Kerinci yang memntingkan pribadi, kacian tuch masyarakat kerinci….

    Jangan berlagak militerlah pak kumis…!, kalau ngga bisa memimpin mundur aja, percuma jadi pemimpin kerinci yang hasilnya untuk kepentingan pribadi saja.

    Sudah 10 tahun memimpin kerinci hanya bisa membangun kubangan kerbau saja, pembentukan Kota Sungai Penuh uihhhhhhh itu hanya dipaksa-paksakan saja, apa ia DPRD provinsi jambi menyetujuinya…??

    Introveksi diri dulu Pak Kumis…??

    Pak Kumis ngga malu ya, sama daerah lain

  22. Saya peduli……?

    Memilih pemimpin adalah hak masyarakat /hak kita bersama
    yang merupakan penentu bagi masa depan kita bersama
    memilih dengan hati nurani…
    suara rakyat adalah suara tuhan

    benar ngak benar………
    pasti benar…..!

  23. pilihlah calon yg bnr”ingin membangun kerinci,jgn plih yg krjanya nyogok rakyat dgn uang nya!katanya PKS tp ko klakuan nya ga kaya PKS yah?
    byk bgd calon yg udah lama di luar kota,eh pas ada pemilihan bupati pada berbondong2 mewakilkan diri!apa mereka tau masalah kerinci selama ini?
    dasar bisa nya saling menjelekan satu sama laen,ngaca dulu klo mau menilai org!
    gmn klo dah jd bupati????

  24. selamat pilkada kerinci

    pilih benar-benar yang bisa memimpin negeri, memajukan kerinci, mengangkat perekonomian rakyat

    jangan pilih yang hanya mengumbar janji pada saat kampanye aja….

    beri kesempatan bagi yang punya potensi …. mari kita bersatu untuk memajukan kerinci …. jangan beri kesempatan untuk mengadu domba …. be responsible with your choose….

    selamat berjuang untuk semua kandidat …..

  25. Kepada mendah Kincai..
    Mari kita berjiwa besar untuk menerima siapa saja yang menjadi Pemimpin kerinci nantinya, siapapun nantinya yang menjadi Pemimpin Kerinci hendaklah kita dukung agar apa yang menjadi program untuk kemajuan kerinci tercapai.

    Jangan hanya bisa caci mencaci, berpikir arif dan bijaksana itu lebih baik agar tidak terjadi perpecahan nantinya, tahukah saudara media ini bisa diakses keseluruh dunia, tidak malukah saudara tentu saudara malu apabila saudara berpendidikan.

    Saya orang Bandung tapi saya pernah tinggal di kerinci, saya tahu kerinci itu pluralisme masyarakatnya punya banyak suku, tapi saya yakin mendah Kincai bisa besatu dalam pembangunan kerinci.

Leave a Reply