Pilkada: Megawati Kampanye di Jateng dan Jatim

Jakarta, Kompas – Selama tiga hari, dari Jumat (16/5) hingga Minggu (18/5), Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri berkampanye memperkenalkan para calon gubernur yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di beberapa wilayah di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Dalam deklarasi pasangan kandidat Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Sutjipto-Ridwan Hisjam, di Stadion Gelora 10 Nopember, Surabaya, Jawa Timur, kemarin, Megawati menyerukan agar seluruh kader dan simpatisan PDI-P berusaha memenangkan Sutjipto-Ridwan Hisjam.

Dalam kesempatan itu, Megawati melarang kader dan simpatisan PDI-P menjadi golongan putih (golput) atau tidak menggunakan hak pilih.

Ia menyatakan khawatir dengan fenomena golput. Dari kunjungan ke berbagai daerah, fenomena itu semakin meluas. Antusiasme politik rakyat semakin menurun.

Dari Surabaya, Megawati bersama pengurus PDI-P menuju Mojokerto untuk menghadiri panen raya di sawah yang menggunakan bibit padi bernama MSP (Mari Sejahterakan Petani).

Pada Jumat dan Sabtu, Megawati berada di tengah-tengah nelayan di Cilacap serta di kalangan petani, buruh, dan pedagang di Banyumas, Banjarnegara, dan Kebumen untuk memperkenalkan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung PDI-P, Bibit Waluyo dan Rustriningsih.

”Agar perekonomian Jateng berubah, Bapak dan Ibu harus mau membantu memilih Pak Bibit dan Bu Rustri,” katanya ketika berkeliling Pasar Wonokriyo di Gombong, Kabupaten Kebumen, Sabtu. (MDN/RAZ)

Tulisan ini dikutip dari Kompas Cetak, Senin, 19 Mei 2008

Leave a Reply