Tingkatkan Kualitas, Wajah Baru Caleg PDIP Capai 50 Persen

JAKARTA–MI: Munculnya 50% wajah baru dalam daftar calon legislatif yang diajukan oleh PDIP merupakan wujud dari upaya partai untuk meningkatkan kualitas kader dan lembaga legislatif.

Demikian diungkapkan oleh Ketua DPP PDIP Tjahjo Kumolo kepada Media Indonesia di Jakarta, Senin (18/8). Menurut Tjahjo, PDIP ingin meningkatkan kualitas kader di internal partai dan pada lembaga legislatif di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

“PDIP ingin kualitas legislatif naik di semua tingkatan serta peningkatan perolehan suara dalam pemilu 2009,” kata Tjahjo. Sehingga, lanjutnya, walaupun PDIP memunculkan 50% wajah baru dalam pencalegan untuk pemilu 2009, tapi caleg telah memenuhi kriteria pembobotan, loyalitas, dan disiplin terhadap ideologi partai.

Artinya, PDIP tidak asal menunjuk seseorang menjadi caleg hanya karena popularitasnya. “Kalaupun ada artis pun, itu semata karena kualitas politik orangnya bukan faktor dia artis. Partai selama ini sudah memiliki kriteria kependidikan politik dan loyalitas sehingga seseorang bisa menjadi caleg,” ungkap Tjahjo.

Selain itu, tambahnya, dalam memenuhi kuota 120% caleg yang dikirimkan oleh partai, sudah dipenuhi 30% kuota caleg perempuan. PDIP juga memastikan telah terjadi regenerasi dalam pencalegan karena 70% caleg berusia di bawah 40 tahun. “Mereka yang berumur antara 40 tahun- 50 tahun hanya 25% dan yang di atas 50% hanya 5%,” ujar Tjahjo. (Far/OL-03)

Source : Media Indonesia

Leave a Reply