Telkomsel Flash Promo Paket Unlimited yang “Terbatas”

2 hari yang lalu, ada beberapa rekan yang mengkonfirmasikan bahwa mereka mendapatkan info di kartu Halo bahwa Telkomsel Flash akan mengeluarkan hot offering dengan nama Telkomsel Flash “Paket Unlimited”. Namun ada beberapa kejanggalan yang ditemukan dalam paket unlimited, sehingga akhirnya akan terjadi penipuan terhadap publik dengan promosi yang dikeluarkan salah satu operator seluler di Indonesia.

adapun beberapa kejanggalan yang didapatkan adalah :

Berdasarkan informasi dari caroline (111) dan website telkomsel, ada 3 kecepatan yang ditawarkan kepada pengguna internet di Indonesia, yaitu paket basic (256 kbps), Advance (512 kbps) dan pro (3,6 Mbps), juga menawarkan paket tanpa modem dan gratis modem. namun yang paling aneh adalah ketika salah satu rekan mencoba mendatangi Grapari Telkomsel Banda Aceh untuk melakukan aktivasi, dan ingin mencoba menggunakan paket advance atau Pro, ternyata yang disarankan oleh petugas customer service adalah paket basic 256 kbps tanpa alasan yang jelas, apakah karena jaringan yang belum maksimal atau telkomsel masih fokus pada komunikasi suara daripada data. Ketika rekan tadi mencoba untuk mengkonfirmasi kembali kepada Caroline (111), jawaban mereka adalah, “itu merupakan kebijakan setiap Grapari, jadi Telkomsel Pusat tidak bisa mencampurinya..” Weks… jadi kaget nich . Emang sekarang grapari sudah menganut desentralisasi?

Pertanyaan yang muncul sekarang adalah kalo emang cuman ditawarkan paket basic khusus area Banda Aceh, kenapa tidak dibuat pengecualian di iklan promosinya ya….???

Kejanggalan kedua yang muncul adalah, di promosi ini mencantumkan judul promosi telkomsel flash paket Unlimited, tapi kenapa ada kata-kata berikut ini di syarat dan ketentuan : “Kecepatan maksimal berlaku sampai batas pemakaian internet secara wajar sebesar 3GB. Setelah 3GB, kecepatan akses akan disesuaikan / diturunkan menjadi up to 64 kbps (untuk paket Basic dan Advance) dan up to 128 kbps (untuk paket Pro)”. jadi aneh kan kalo lihat syarat dan ketentuannya diatas. Menawarkan paket yang unlimited tetapi kenapa dibatasi. Pembatasannya dapat dilihat pada usage penggunaan user sebesar 3Gb, jadi kalo penggunaan kalo sudah mencapai 3 Gb, maka Telkomsel akan menurunkan (bukan menyesuaikan) kecepatan user menjadi lebih rendah. hal ini juga ditanyakan kepada petugas caroline (111), jawaban mereka adalah ” kan biayanya nggak bertambah, walau membatasi pemakaian sampai dengan 3Gb?” ya menjadi persoalan donk mbak, karena kalo udah lebih pemakaian diatas 3 Gb, maka pihak Telkomsel akan menurunkan Speed internetnya, jadinya bukan unlimited donk…..

Kejanggalan Ketiga adalah, di promosi dikatakan bahwa ada paket “tanpa modem, tanpa kontrak” dan paket “Gratis Modem, kontrak setahun”. yang menjadi persoalan disini, modemnya katanya gratis, tapi kok harus melakukan kontrak berlangganan sampai setahun (12 bulan), sehingga berbeda pembayarannya dengan tanpa modem. perbedaanya itu sampai Rp. 125.000 perbulan, sehingga kalo pengguna kontrak setahun, maka akan menjadi Rp. 1.500.000 ( satu juta lima ratus ribu rupiah).

Wow, berarti modemnya dibeli donk ma user, bukan gratis. jadi promosinya dirubah donk, sehingga kata-katanya menjadi : Telkomsel flash menawarkan “paket tanpa modem, tanpa kontrak” dan paket “kredit/angsuran modem, kontrak setahun”, ini baru benar….

Akhirnya, semoga dengan sedikit info dan kejelian ini dapat mengingatkan pengguna untuk lebih berhati-hati dalam memilih setiap iklan promosi yang ditawarkan, dan Telkomsel juga jangan menawarkan suatu paket Unlimited namun masih dibatasi dalam beberapa hal. Semoga Internet akan terus murah secara signifikan di Indonesia….

81 thoughts on “Telkomsel Flash Promo Paket Unlimited yang “Terbatas”

  1. mas… kan tetap unlimited mas…unlimited tu kan masalah pemakaian (tanpa bts) yg dgn biaya yg ditentukan..yg diturunin kan kecepatannya bos…yg tanpa bts tu kan pemakaian kb nya??(volume base nya..gmn sih??gw make telkom flash dgn modem prolink 2,ok2 aja.. wlau kadang jaringan sibuk,bwt beli pketnya aja g bs,palagi stlh magrib smpe jm 10 mlm gtu di t4 gw (pekanbaru riau) wuuu… jringnnya amburadul abiess…gmn mw konect,bwt bli pketnya aja g bs…mw pake yg unlimitednya, rasanya gw g btuh2 amat..
    gw kommen cm ngrasa aneh aj dgn komen2 yg bilang pembatasan 3gb itu brrti g unlimitied…
    kyknya unlimited mksudnya telkomsel itu y mslh prmakaian upload download,yg pnting jnji iklan udh diberikan..soal nurunin kcptn stlh kuota pnuh y hak mreka (telkomsel,yg prnting kn qt ttp bs make smpe tanpa bts….
    bwt telkomsel: kasi gw cindera mta donk… kn dah dibela….wkwkwkkkkk…. atw gw cm mnta jringnnya dipkanbaru diperbaiki plus customer service n operatornya diajarin ngsih solusi kepelnggn yg msuk akal n memuaskan..klo g mmuaskan ngapain di adakn operator??toh mreka cm mnjwb “tunggu aja beberapa menit lg pak,klw blm jg hub. kami lg..” dihubungi lg, jwbnya itu jg… lah ngubungi callcnternya aja susahnya bkan main… apa g mlh ngrepotin tuh??

  2. gw stuju dgn rizky.. mslh internet di indonesia..blm ada satupun provider yg bnr2 muasin pelanggan dr sabang smpe mrauke.. msing2 ada klbihn n kkrangan.. tergntung daerah,n mungkin kondisi cuaca..

  3. skrg malah tinggal 1GB limitnya
    speed naik turun…
    bayaran masih ditambah PPN lg..
    kecewa deh aq…

  4. telkomsel penipu yang berkedok.mau puasin masyarakat ga gt donk promosinya,,,,,,,,,padahal sblum ya kita pecinta kartu yang logonya sebagia bsar merah smua….tp sekarang saya kecewa banget ma telkomsel………tolong dong di ubah puaskan pelanggan ya jgn mau untung besar ja.pemerintah jg di tindak dong ni penipuan……………

  5. iklan ya terlalu lebay…………………………………………………

  6. itu kan udah unlimited….cuman kecepatan aja yg berkurang setelah mencapai kuota yang di kasih… walaupun kecepatan berkurang tp bisa download sepuasnya tanpa batas sampai bergiga-giga gratis(tergantung software downloader yg dipakai)….so itu udah murah banget sob…. mo provider apa aja tetep pake kuota.
    Speedy aja yang paket murah pake kuota…kecuali yang pro baru kayak diwarnet….Ok..

  7. Dmana2 jg sama x unlimited ada quotanya n begitu lewad lgsg dturunin speednya.
    kalo misalnya nga ada batasan quota mah org2 mili yg plg murah aja :p

  8. kalo gua pake FLEXI UNLIMITED Rp 2.500 perhari Rp 15.000 perminggu Rp 50.000 perbulan lebih kenceng daripada telkomsel flash asuu….
    kenyataanya kecepatan 3G/HSPDA yang di tawarkan telkomsel hanya kenikmatan sesaat….

  9. weks…smart jg unlimitednya bener2 tanpa batas…
    yg bener2 tanpa batas ya cma smart, flexy, n starone ja…

  10. telkomsel emank bnar unlimted,,,,ga ada pnambahan biaya stlah btas quota 3gb,,,aq udah lama mmakai unlimited,,,cuman kcpatannya dturunkan,,,maen game online pun masih bsa smpae 1 blan pnuh,,,download brpa gb pun ga mslah,,,

  11. semua operator melepas produk “siluman” ke-pasar. IM2, TelkomselFlash, dll. tinggal kitanya sendiri gimana baiknya memanfaatkan apa yang tersedia. pilah mana yang paling banyak untungnya dan minim rugi. untuk saat ini, Smart doang yang paling yahud dalam hal harga & speed. disaat bersamaan, Flexi harus gigit jari untuk mengadopsi teknologi EVDO setelah kalah telak oleh Smart pada tender EVDO tech.
    dibelakang layar, It’s About money! dan untuk pemakai akhir seperti kita ini, tetep dinomor dua kan.
    setidaknya hingga TELKOM FLEXI Goes to EVDO Q1 2011 nanti!

  12. Sy juga pelanggan telkomsel. Dan ikut internet unlimited. Sy merasa tdk puas.! Dan skrg beralih ke flexy murah dan tanpa kuota. 50 rb 1 blm. Puuaaas!

  13. klo yg namanya iklan gk pake bohong2 mana ada yg mau beli tu produk…lagian mana ada perusahaan yang mau rugi…( mimpi kali yee ….!!!! ) tp koq gak ada yang laporin ke YLKI ya…itu kan namanya pembohongan publik…

  14. provider yang benar dan tidak menipu adalah smart.

    dari dulu ampe sekarang gw pake smart ga ada keluhan,

    karena sinyal smart di tempat gw full…

    ga ada kouta pemakaian…

  15. gw stuju….
    gw da kna tipu ma tu unlimited…
    pertama pke speed up to 377kbps…
    tp stelh pke 3 Gb akhhh…
    skarng tinggl 63kbps…..
    jlek sangat……
    Trus klo d isi ulang tu 2 hri n sehari seblum habis msa pketny lumayn bgus,,
    hri2 laeny jleekkkk……gw kna 3 kali bru nyadr…

  16. Bah …… iya emang benar bang, aku udah setahun langganan pake paket perdana flash. Katanya UNLIMITED tapi kok dibatasi (Kapan yach isp dalam negeri ini bisa kayak’ di luar negeri ???? mimpi kali yach????) jadi malas ngedownload ………. Gimana dong TELKMSEL …. harap diperhatiin dong kepuasan pelanggan dan konsumen ….. entar pelanggannya pada kabur dan melirik isp lainnya lho….. mohon jangan dibatasi, mana koneksinya lemot banget kayak siput. tolong juga coverage areanya di perluas dan speednya di tambah dong supaya benar2 kyk namanya (FLASH).I love TELKOMSEL…… Please TELKOMSEL …..diperhatikan…dong.

  17. YANG NAMANYA UNLIMTED ITU KHAN ARTINYA TAK TERBATAS JADI PERCUMA DONG KALO SETELAH MENCAPAI BATAS KUOTA TERTENTU DITURUN KHAN JADI 64KBPS GIMANA MAU DOWNLOAD BERGIGA2 KALO CUMA SPEEDNYA SEGITU 1 GB SEBULAN JUGA GAK BAKAL KELAR ,WWKWKWKK ……..KALO CUMA KUOTA 3GB BUAT DOWNLOAD GAME2 GAK SAMPE 2 HARI JUGA UDAH ABIS,WKKWWKWK…DIINDONESIA TARIF INTERNET MASIH TERLALU MAHAL GAK KAYA DI LUAR NEGRI UDAH GRATISS….

  18. haduh..-___-
    yang namanya unlimited itu kan bebas pemakaian selama waktu tertentu(sebulan misalnya..), lagian bener kan kalian masih bisa internetan walaupun kuotanya habis..?
    permasalahannya pihak telkomsel ini terlalu jahat ngasih koneksi 64kbps setelah kuota abis, coba kalo 154kbps atau lebih tinggi lg,pasti pada bahagia dah pelanggan flash..
    kalo ente pengen internet yang cepet ya langganannya jg yang mahal dong,keluar duit dikit tp ngeluhnya banyaaak..
    tp menurut gua sih sinyal telkomsel ini yang paling stabil dibanding isp lain yang sering error..
    kalo gua sih lebih milih sinyal stabil..

  19. kecuuueeeeewaa bangetttt nich pake flashh
    tak seperti namanya, lebih baik kasih nama turtle gituh, jangan flash, entar flasnya marah lagiiii

  20. meragukan, jadi main kemunkinan lag lagi donk., kcpatan nya diturunkan.,., gak benar tu., lebih baik kecepatan jaringan sedang dan kecepatan jaringan merata.

  21. mas mas… ini masih di indonesia, yg bahasanya dialus-alusin,contoh: ditangkep bilang diamankan lah, makanya nyok didik anak-anak kita jujur. Sy juga kecewa berat dgn telkomsel, beli paket 200rb belon 2 mg pemakaian sudah habis, padahal ga donlod2. ehh begitu diisi lagi 100 rb, pulsa langsung lenyap.. dah deh kapok pake telkomsel, ngakunya aja terbesar, terbesar boongnya kaleeee.

  22. penawaran dari Telkomsel belum dapat diterima dengan baik oleh para user..

    terlalu dibatasi, speed masih lelek, kurang memuaskan..

    Awalnya juga saya mengalami hal yang sama,
    waktu pertama saya mendaftar paket Flas-Unlimited, speed masih agak kencang.
    tapi setelah beberapa saat kemudia speed menjadi menurun (sangat lamabat, bikin emosi)..

    kesal banget dah.

Leave a Reply