Tutorial Hunting jurnal/Artikel Ilmiah di Internet

Hai Bloger semua,
Hari ini kita akan mempelajari bagaimana hunting jurnal di internet. kali ini kita akan hunting jurnal dari mesin pencari gratis Mr. Google pada section scholar na, websitenya di :
http://scholar.google.com

null

Satu hal yang pasti, untuk melakukan hunting ini, Anda harus paham apa yang akan Anda cari, sehingga akan ketahuan keyword (kata kunci) na apa. sebagai contoh, saya sedang membuat artikel yang berhubungan dengan manajemen pemasaran (marketing management), lebih spesifik lagi berhubungan dengan market orientation. jadi keyword yang ingin dicari adalah “market orientation”. Jangan lupa diantara kata yang ingin dicari dibuat tanda petik(” “) misalkan “market orientation”. sehingga Mr.Google akan langsung mencari padanan kata yang langsung berhubungan.

Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar berikut ini :
null

Selanjutnya hasil pencarian na sudah ada, langsung kita klik hasil pencarian awal. ternyata link ini membawa kita ke JSTOR website. spesifikasi judulnya adalah :
The Effect of a Market Orientation on Business Profitability
[I]John C. Narver, Stanley F. Slater
Journal of Marketing, Vol. 54, No. 4 (Oct., 1990), pp. 20-35
doi:10.2307/1251757
This article consists of 16 page(s).[/I]

null

Nah dari website JSTOR bisa kita lihat bahwa journal yang kita inginkan itu berasal dari journal of marketing. untuk melihat dimana tepatnya jurnal ini, maka hunting kita lanjutkan ke library Georgia State University kemudian mengklik butang “find journal”:
http://www.library.gsu.edu

null

null

Disini baru anda copy paste tulisan “journal of marketing” dari website JSTOR ke web library tadi. sehingga hasil na seperti pic dibawah ini :
null

Nampak disini adalah, banyak sekali journal yang hubungan kata sangat dekat dengan kata journal yang ingin kita cari. jadi kita pilih yang paling atas, lalu klik :
null

Akhirnya, journal of marketing berada di beberapa scientific research web yang berbayar, seperti EBSCOhost, JSTOR, dan Proquest. bahkan tersedia dari tahun berapa ke tahun berapa, semua terungkap disana.

Setelah itu baru request ke thread ini berdasarkan hunting diatas, dan berada pada scientific research web yang mana, sehingga menggampangkan kita untuk mencarinya. untuk contoh diatas bisa Anda tulis seperti ini :
The Effect of a Market Orientation on Business Profitability
John C. Narver, Stanley F. Slater
Journal of Marketing, Vol. 54, No. 4 (Oct., 1990), pp. 20-35
doi:10.2307/1251757
ini link na : http://links.jstor.org/sici?sici=0022-2429(199010)54%3A4%3C20%3ATEOAMO%3E2.0.CO%3B2-D

Apabila langkah step by step diatas, juga blom mendapatkan hasil yang Anda cari, saya akan menjelaskan kepada Anda secara mendetail dan don’t forget to pv me okeh….

Semoga tutorial ini membantu Anda untuk menemukan apa yang diinginkan…
Selamat Mencoba…….:D

3 thoughts on “Tutorial Hunting jurnal/Artikel Ilmiah di Internet

Leave a Reply