Salah Beri Surat Suara, 387 DPT di Aceh Utara Akan Pilih Ulang

BAKTIYA –  Sebanyak 387 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Desa Pante Breuh, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara, terpaksa harus memilih ulang selambat-lambatnya 16 April mendatang. Hal itu karena terjadi kesalahan dalam pemberian surat suara kepada pemilih sehingga ada yang double untuk pemilihan provinsi, Senin (9/4).

Informasi yang diterima The Atjeh Post, sempat terjadi keributan kecil antara pemilih dan timses dari Partai Aceh akibat ada timses yang melihat pemilih membawa kertas suara double.

Salah seorang sumber menyebutkan, salah seorang pemilih membawa dua kertas suara, dan hal itu dipergoki Timses Partai Aceh yang ada di lokasi. “Kata si pemilih, ia terbawa milik kakaknya, setelah sempat terjadi keributan kecil dan duduk mufakat. Akhirnya proses perhitungan suara dilanjutkan pukul 14.00 WIB,” ujar sumber.

Keuchik Pante Breuh, Anwar H Yusuf, saat dikonfirmasi via telepon seluler mengatakan, telah terjadi kesalahan dalam proses perhitungan suara. “Saat perhitungan suara selesai, baru disadari terdapat 23 kertas suara untuk Provinsi (Gubernur) yang double.”

“Mungkin ini terjadi karena tidak ada penghitungan awal data kertas suara kita terima. Saat ini perhitungan suara kita hentikan, kita menunggu kedatangan pihak KIP. Kemungkinan besar akan ada pemilihan ulang,” ujarnya.

Ketua KIP Aceh Utara, Muhammad HA Manan, secara terpisah menyatakan, di Pante Breuh telah terjadi perbedaan antara jumlah suara sah dengan jumlah hak pilih. Kemungkinan besar kesalahan itu terjadi akibat KPPS yang salah saat memberikan kertas suara kepada pemilih, sehingga ada beberapa yang double untuk provinsi.

“Sesuai dengan aturan Pilkada, akan dilakukan pemilihan ulang selambat-lambatnya 16 April 2012 mendatang, tentunya dengan rekomendasi dari Panwaslu,” tandas Muhammad. []

Source : The Atjehpost

Leave a Reply