5.392 Dukungan Irwandi Rusak, Abi Lampisang 27.166

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sebanyak 5.329 lembar fotokopi KTP dukungan yang dilampirkan bakal calon gubernur Irwandi Yusuf dinyatakan rusak. Sementara dukungan KTP Ahmad Tajuddin atau Abi Lampisang yang rusak berjumlah 27.166 lembar. Dua kandidat melalui jalur perseorangan ini harus melengkapi dua kali dari jumlah dukungan yang rusak.

Data itu dilansir Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh yang telah melakukan verifikasi terhadap berkas dukungan calon perseorangan yang diajukan sebelumnya. KIP memberi kesempatan kepada kedua kandidat ini untuk memperbaiki dukungan yang dianggap tidak memenuhi syarat itu.

“Kita sudah melakukan verifikasi 100 persen kepada semua dukungan untuk masing-masing kandidat. Ternyata para calon independen harus memperbaiki lagi dukungan itu,” kata Nurjani Abdullah, anggota KIP yang membidangi masalah pencalonan, di Banda Aceh, Selasa (27/9).

Pada pemilihan kali ini, dua pasangan bakal kandidat maju melalui jalur independen, yaitu Irwandi Yusuf yang berpasangan dengan Muhyan Yunan. Sedangkan Ahmad Tajuddin (Abi Lampisang) berpasangan dengan Suriansyah. Untuk maju melalui jalur perseorangan, kandidat harus mengantongi dukungan KTP penduduk minimal 148.598.

Bagi Irwandi dan Abi Lampisang diminta untuk memperbaiki dukungan dengan cara, menambah dukungan lagi maksimal dua kali dari kekurangan (rusak). KIP Aceh nantinya juga akan melakukan verifikasi terhadap dukungan yang baru itu. Jika ternyata tidak memenuhi syarat, maka kandidat itu dipastikan tidak bisa maju dalam Pemilukada Aceh.

Sebenarnya, bisa saja kandidat perseorangan itu hanya mengirimkan perbaikan dukungan sebanyak yang kurang saja. Tapi ini sangat berisiko, karena dalam verifikasi nanti, jika KIP Aceh menemukan satu saja kesalahan, maka tidak ada lagi peluang untuk memperbaikinya.

“Makanya kita memberi kesempatan mereka untuk menambah maksimal dua kali lebih banyak dari kekuarangan, sehingga mereka berpeluang untuk mengganti manakala ada dukungan yang tidak memenuhi syarat,” kata Nurjani. []

Source : Acehkita.com

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply