Golkar Raih 80 Kursi DPRK

* Kuasai 5 Ketua, 7 Wakil Ketua

BANDA ACEH – Pemilu 2014 membawa angin segar bagi partai politik berbasis nasional (parnas) di Aceh. Hampir semua parnas mendapatkan tambahan perolehan kursi di DPRA maupun DPRK se-Aceh. Selain Partai Nasdem yang langsung menggebrak di pemilu pertamanya, peningkatan suara cukup siginifikan dirasakan oleh Partai Gerindra dan Partai Golkar.

Seperti diberitakan harian ini kemarin, si pendatang baru Partai Nasdem diprediksi meraih 8 kursi untuk DPRA dan 62 kursi DPRK se-Aceh. Sementara Partai Gerindra yang dalam Pemilu 2009 lalu hanya punya lima kursi DPRK, kali ini melejit menjadi 38 kursi DPRK se-Aceh dan 3 kursi di DPRA.

Satu partai nasional lainnya yang juga mendapatkan tambahan kursi di DPRK dan DPRA adalah Partai Golkar. Ketua DPD I Partai Golkar Aceh, Drs H Sulaiman Abda MSi didampingi Wakil Sekretaris Suprijal Yusuf, kepada Serambi Senin (5/5) menyebutkan, hasil Pemilu 9 April 2014 lalu menempatkan Partai Golkar sebagai partai peraih suara terbanyak kedua, setelah Partai Aceh.

Sementara pada Pemilu 2009 lalu, Partai Golkar Aceh hanya mampu meraih 59 kursi untuk DPRK di seluruh Aceh, serta 8 kursi untuk DPR Aceh. “Alhamdulillah, pada Pemilu 2014, Partai Golkar meraih 80 kursi DPRK di kabupaten/kota dengan menguasai lima kursi ketua DPRK dan tujuh kursi pada posisi wakil ketua DPRK. Disamping sukses meraih 9 kursi DPRA dan 2 kursi untuk DPR-RI,” kata Sulaiman Abda.

Khusus untuk DPRA, 4 dari 9 kursi yang diraih Partai Golkar diisi oleh perwakilan kaum perempuan, yaitu Fauziah, Yuniar, Nuraini Maida, dan Nurlelawati. Selain itu, Ketua DPD Partai Golkar Aceh, Sulaiman Abda juga mencatat prestasi pribadi dengan meraih suara terbanyak di Dapil I (Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang).

Data diperoleh Serambi, jumlah suara badan yang diraih Sulaiman Abda mencapai 17.023 suara. Ini menjadi yang terbanyak dari seluruh caleg yang bertarung di Dapil I.

Ia menyebutkan, keberhasilan yang diraih Golkar dalam pemilu lalu ini merupakan hasil perjuangan dan kerja keras semua pengurus, kader, dan simpatisan partai pohon beringin. “Terima kasih kepada semuanya dan rakyat Aceh yang telah mempercayai Golkar dalam Pemilu 9 April. Ini memperlihatkan bahwa rakyat Aceh masih mencintai dan menaruh harapan banyak pada Partai Golkar,” ujarnya.

Sulaiman Abda menegaskan, Partai Golkar akan terus memelihara kepercayaan rakyat ini dengan baik dan terus memperjuangkan aspirasi rakyat Aceh lewat kemampuan yang dimiliki. Golkar juga akan terus melakukan pembenahan ke dalam, dengan melakukan evaluasi secara jernih, dengan memperhatikan masukan dan saran dari masyarakat.(nal)

Leave a Reply