Kisah “Hutang Budi” Jokowi di Media Sosial

JAKARTA – Pasangan Joko Windodo – Basuki Tjahja Purnama (Jokowi-Basuki) resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta (15/10). Melihat kebelakang, tim sukses Jokowi-Basuki ternyata melancarkan sejumlah kampanye dengan mengandalkan media sosial.

Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan YouTube nampaknya memiliki fungsi lebih dalam menggiring opini publik untuk mencitrakan salah satu kandidat dalam pertunjukan politik yang tengah digelar. Tim kampanye pasangan Jokowi – Basuki menerapkan strategi tersebut, dan nampaknya ampuh dalam mendorongnya menjadi pemenang dalam Pilkada DKI 1.Di YouTube misalnya, sejumlah video juga diunggah oleh para tim sukses untuk merebut hati para pengunjung situs layanan berbagi video tersebut. Bahkan, beberapa waktu yang lalu, Metric Design, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi asal Bandung, mengembangkan game berjudul “Selamatkan Jakarta” yang mengusung karakter Jokowi Basuki. Game tersebut lagi-lagi memanfaatkan jejaring sosial Facebook, dan tak tangung-tanggung para pengembang menargetkan 1 juta pemain.

Sementara itu, penggiat sosial media Nukman Luthfie melihat bahwa kampanye dengan medium menggunakan sosial media hanya efektif di Jakarta. Sebab, sekira 60 persen warga Jakarta “melek” sosial media.

“Iya di Jakarta sekira 60 persen warganya melek sosial media, dan kalo di daerah lain, menurut saya kurang efektif menggunakan medium sosial media untuk melakuka tim kampanye sukses guna menggiring opini tertentu,” Katanya kepada Okezone, Senin (15/10/2012).

Ia menambahkan bahwa efektivitas penggunaan sosial media sebagai medium kampanye sangat terbukti. Nukman mencontohkan bagaimana calon gubernur dari jalur independen dapat merebut hati para pemilih dengan mengandalakan sosial media, dan bahkan perolehan suara mereka mengalahkan calon gubernur lain yang diusung oleh partai besar.

“Sosial media sangat efektif digunakan dalam Pilkada DKI, ini terlihat ketika calon dari independen mengalahkan calon dari partai besar,” pungkasnya. (fmh)

Source : okezone.com

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply