Partai Politik Harus Bergerak Bersama Rakyat

Manado, Kompas – Partai politik harus turun ke bawah dan bergerak bersama rakyat. Dengan cara itu, kepercayaan rakyat kepada parpol yang disebut berbagai pihak kini menurun dapat diperbaiki.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan hal tersebut ketika bertemu dengan sekitar 4.000 kadernya di Minahasa, Sulawesi Utara, Selasa (2/10).Dari Minahasa, Megawati bersama sejumlah pengurus partainya seperti Ketua PDI-P Puan Maharani mengunjungi Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, yang masuk kawasan terluar Indonesia.

Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, kunjungan Megawati ke Kepulauan Talaud yang berbatasan dengan Filipina tersebut merupakan bagian dari perhatian terhadap kondisi perbatasan Indonesia. Keberadaan Kepulauan Talaud juga sangat penting karena masa depan ada di Pasifik.

Kunjungan tersebut juga menjadi bagian upaya Megawati mengkonsolidasikan partainya. Sebelum ke Sulawesi Utara, Megawati menemui kadernya di Semarang, Jawa Tengah. Hari ini, Megawati melanjutkan perjalanan ke Ambon, Maluku.

Di Minahasa, Megawati menuturkan, sejumlah kalangan menyebut banyak orang tidak lagi percaya kepada parpol. Namun, dia mengingatkan, di saat yang sama masih ada partai yang bisa mengumpulkan masyarakat dan membangun struktur hingga tingkat desa, dan itu bukan pekerjaan mudah.

”Saya punya mimpi, partai harus menjadi alat perjuangan yang dapat menggerakkan rakyat secara terorganisasi. Partai harus menjadi organisasi yang berjuang bersama rakyat. Untuk itu, pegiat partai harus turun ke bawah agar mengetahui kebutuhan dan menggerakkan rakyat,” katanya.

Dengan cara itu, menurut dia, kepercayaan rakyat kepada partai juga akan terus berkembang.

Beralasan ingin membantu rakyat mewujudkan kesejahteraan, Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto bergabung ke Organisasi Nasional Demokrat (Nasdem). Anggota Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia tersebut mengatakan masih ingin mengabdi bagi negara setelah purnatugas di TNI. Tidak menutup kemungkinan dia akan bergabung ke Partai Nasdem.

Ketua Umum Partai Nasdem Patrice Rio Capella mengatakan, keputusan Endriartono untuk bergabung ke Partai Nasdem bukan keputusan tiba-tiba.

”Beliau sejak rapimnas tahun lalu sudah hadir dan tentu mengamati lalu mengikuti progres partai ini,” kata Rio yang sedang di Seoul, Korea Selatan.

(NWO/ONG)

Source : Kompas.com

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply