“Quickcount” Dinantikan: Hasil Penghitungan Pupkaptis Dapat Diikuti di www.sriponews.com

Palembang, Kompas – Penghitungan cepat atau quickcount hasil pemilihan kepala daerah sudah menjadi kebutuhan masyarakat, termasuk di Palembang. Apalagi dalam pilkada yang telah berlangsung pada empat daerah di Sumatera Selatan selama tahun 2008 diramaikan dengan kegiatan tersebut oleh berbagai lembaga.

Sejumlah warga mengaku sangat menantikan hasil penghitungan dari lembaga survei yang melakukan penghitungan cepat meskipun mereka menyadari hasil resmi adalah yang ditetapkan oleh KPU Kota Palembang.

Salah seorang warga Kecamatan Kertapati, Palembang, Kholik (24), mengatakan sangat menantikan hasil penghitungan cepat Pilkada Kota Palembang yang berlangsung hari ini, Sabtu (7/6). Alasan dia, penasaran jika harus menunggu KPU Palembang mengumumkan hasil resmi.

”Soal benar atau tidak urusan nomor dua, yang terpenting bisa mengetahui lebih cepat. Lagipula, selama ini hasil penghitungan lembaga survei selalu sama dengan hasil penghitungan resmi,” ujar Kholik yang mengaku akan memilih pasangan Sarimuda.

”Online” di internet

Harian lokal di Palembang, Sriwijaya Post, salah satu media yang akan menggelar acara penghitungan cepat, bekerja sama dengan Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis). Bahkan menurut Redaktur Pelaksana Sriwijaya Post, Hj L Weny Ramdiastuti, proses penghitungan dapat diikuti secara real time pada situs Sriwijaya Online, www.sriponews.com.

Zanial Masalisa, salah seorang blogger di Palembang yang membangun blog http://kotapalembang.blogspot.com, mengatakan sangat gembira akan kemajuan proses pilkada. Bukan hanya karena ada penghitungan cepat, tetapi hasilnya juga dapat dilihat oleh semua warga Palembang di mana saja melalui internet.

Menurut warga Kecamatan Ulu, Palembang itu, dia pasti akan mengikuti perkembangan penghitungan suara cepat. Bahkan mengabarkan ke semua blogger yang ada di Palembang. (BOY)

Tulisan ini dikutip dari kompas.com, 8 Juni 2008

Leave a Reply