Utusan Menlu Finlandia Temui Komisioner KIP Aceh

Banda Aceh – Perwakilan Khusus untuk Mediasi Perdamaian (Special Representative for Peace Mediation) Kementerian Luar Negeri Finlandia, Dr Kimmo Kiljunen, mengunjungi Aceh. Selama di Banda Aceh, Kimmo bertemu sejumlah kalangan, termasuk komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, akhir pekan lalu.

Pertemuan dengan komisioner KIP berlangsung di ruang kerja Ketua KIP Aceh. Rombongan Dr Kimmo terdiri atas Noora Rjkakainen (Second Secretary Kedutaan Besar Finlandia untuk Indonesia), Juha Christensen, dan Lauri Tuomaala dari Pacta. Para komisioner terdiri atas Ketua KIP Abdul Salam Poroh, Wakil Ketua Ilham Saputra, Akmal Abzal, dan Zainal Abidin.

Dalam pertemuan selama hampir dua jam itu, Dr Kimmo menanyakan pelbagai masalah mengenai pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Aceh. “Mereka mencari masukan terkait konflik politik menjelang pilkada,” kata Wakil Ketua KIP Aceh Ilham Saputra usai pertemuan.

Menurut Ilham, rombongan Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Finlandia juga menanyakan soal penundaan pilkada yang disuarakan partai politik lokal Partai Aceh.

“Kami mengatakan bahwa KIP Aceh melaksanakan pilkada sesuai dengan aturan. Termasuk kita jelaskan juga alasan-alasan penundaan pilkada yang dibenarkan secara hukum. Kepada mereka, kami juga menyampaikan bahwa kalau belum ada alasan yang dibenarkan untuk menunda, kami tetap jalan terus dan optimistis dalam menjalankan pilkada ini,” paparnya.

Ilham menyebutkan, Kimmo berharap agar konflik politik menjelang pilkada ini bisa segera dituntaskan dengan alasan agar perdamaian bisa berkelanjutan.

Dr Kimmo Kiljunen baru saja menjabat sebagai Special Representative for Peace Mediation di Kementerian Luar Negeri Finlandia. Sebelumnya, ia merupakan ketua umum Pacta, lembaga berbasis di Finlandia. Ia juga mantan anggota Parlemen Finlandia yang mempunyai perhatian khusus dan bekerja untuk isu-isu yang berhubungan dengan perdamaian dan keamanan.

Source : Suara Merdeka

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply