Addie MS, Ternyata Pemicu Fokoke Jokowi

Proses Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta, yang menjadi barometer kota-kota di Indonesia, sebentar lagi akan segera berakhir. Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta beberapa hari mendatang akan segera menetapkan gubernur dan wakil gubernur terpilih. Berdasarkan versi hitung cepat, pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama unggul atas pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.Yang menarik dari Pilkada DKI, pada era melek teknologi informasi ini, ternyata layak tidaknya calon pemimpin dibahas habis-habisan di sejumlah media sosial. Bahkan, orang yang biasa-biasa saja, artinya bukan berasal dari kalangan politisi, apalagi dari tim sukses, ternyata bisa memiliki pengaruh yang lebih kuat di media sosial. Contoh ini begitu nyata pada pertarungan Foke versus Jokowi.

Di balik geliat ”perang 140 karakter” di Twitter, ternyata orang yang memiliki pengaruh sangat kuat, menurut analisis menggunakan analytics.topsy.com, justru orang di luar lingkaran tim sukses calon gubernur yang berlaga.

Slogan ”Fokoke Jokowi”, misalnya, sangat kuat pengaruhnya dalam perang media sosial antara Foke dan Jokowi.

Jika ditelusuri, slogan ”Fokoke Jokowi” itu ternyata berasal dari sebuah akun Twitter yang bukan dari tim sukses. Lalu, siapakah yang pertama kali melontarkan tweet paling berpengaruh itu?

Mengejutkan!

Akun itu ternyata berasal dari salah seorang warga DKI Jakarta yang mengaku sebagai simpatisan, dia adalah addiems. Tidak salah lagi, pemilik akun itu adalah Addie MS, konduktor kenamaan Indonesia.

Ketika dihubungi Kompas, Memes, penyanyi yang juga istri Addie, bersedia memberikan komentar. Memes membenarkan hal itu. Namun, Memes memastikan bahwa suaminya bukanlah anggota tim kampanye Jokowi.

”Mas Addie tak terkait tim Jokowi. Tapi, gara-gara Mas Addie itu, Jokowi jadi trending topic,” kata Memes.

Terlepas siapa yang pertama kali meramu frase Fokoke Jokowi, Addie MS secara statistik merupakan orang pertama yang mengirim kicauan itu dan memicu distribusi sentimen positif Jokowi hari itu.

Dari Addie yang memiliki 267.767 pengikut, kicauan itu menyebar seperti virus liar. Hampir setengah juta orang meneruskan kicauan itu yang seolah menjadi mantra ajaib, menyegarkan ingatan para pemilih sebelum berangkat ke TPS.

Addie MS juga membuat tagar atau hashtag #jokowinners yang sempat menjadi trending topic pada hari-H pencoblosan. Addie MS mengirim tweet pada 19 September pagi, ”Baru dpt kabar, Jokowi akhirnya berkoalisi dgn Foke. Namanya Fokoke Jokowi”.

Preferensi Addie terhadap Jokowi ini sempat dipertanyakan pengikut karena dianggap seperti anggota tim sukses. Namun, Addie memiliki jawaban tersendiri. ”Aku simpatisan Jokowi. Ga dibayar. Nurani lebih mahal,” katanya.

Addie di Twitter mengungkapkan alasannya mengapa begitu antusias mendukung Jokowi. ”Jakarta tidak bisa diurus oleh sosok yang tidak menghargai keberagaman/pluralisme. Mari bangun Jakarta Baru! #JOKOWINNERS,” katanya.
(Amir Sodikin)

Source : Kompas.com

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply